44 Lukisan Maestro Srihadi Soedarsono Mejeng di Pameran 'Man x Universe'

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 11 Mar 2020 19:58 WIB
Pameran lukisan Srihadi Soedarsono (Tia Agnes/detikhot)
Foto: Pameran lukisan Srihadi Soedarsono (Tia Agnes/detikhot)
Jakarta -

Di usia 88 tahun, semangat Srihadi Soedarsono untuk menggelar pameran tunggal masih berapi-api. Sejak tahun 2016, sang maestro seni lukis menyiapkan 37 lukisan terbaru yang dibuat dalam kurun waktu tiga tahun.

Sebanyak 44 lukisan lanskap karya Srihadi kini dipamerkan di pameran tunggal 'Man x Universe' yang dibuka malam ini di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia (GNI). Srihadi dikenal sebagai pelukis lanskap yang lihai mendeskripsikan pemandangan alam dan budaya Indonesia.

Bagi pelukis kelahiran Solo ini, mengelar pameran seni di usia 88 tahun adalah sebuah keajaiban. Ia menyimbolkan angka '8' sebagai sebuah kesinambungan.

"Angka 8 dalam falsafah Jawa adalah bertumbuh. Angka 8 berputar terus sebagai sebuah kesinambungan dalam arti yang wajar dan arti kata yang sesungguhnya. Falsafah Jawa ini yang saya pegang sebagai keindahan," ujar Srihadi ketika diwawancarai awak media di Galeri Nasional Indonesia (GNI), Rabu (11/3/2020).

44 Lukisan Maestro Srihadi Soedarsono Mejeng di Pameran 'Man x Universe'  Foto: Pameran lukisan Srihadi Soedarsono (Tia Agnes/detikhot)

Pameran tunggal ini, lanjut Srihadi, adalah sebuah peringatan bagi diri sendiri. "Ini sebuah catatan untuk saya dan generasi muda bagaimana itu lukisan lanskap. Sekaligus saya sebagai manusia dengan hubungan alam semesta yang merasa kecil di bawah Yang Maha Kuasa," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jelajahi 'Jejak Karya Pramoedya Ananta Toer' Lewat Pameran Seni"
[Gambas:Video 20detik]