Raden Saleh Jadi Saksi Keberadaan Keris Kiai Naga Siluman

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 11 Mar 2020 10:15 WIB
Akhirnya! Keris Pangeran Diponegoro Diserahkan Belanda ke Jokowi
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Maestro seni lukis Raden Saleh menjadi salah satu saksi dari keberadaan keris Kiai Naga Siluman. Benda pusaka milik Pangeran Diponegoro itu baru saja dikembalikan oleh Raja Willem Alexander dan Ratu Máxima yang melakukan kunjungan resmi ke Indonesia.

Benda pusaka itu tercatat dalam dokumen yang ditulis oleh pelukis bernama lengkap Raden Saleh Sjarif Boestaman tersebut. Dalam catatannya, Raden Saleh melihat langsung keberadaan keris Kiai Naga Siluman.

Raden Saleh menceritakan keris itu kepada Direktur KKVZ, SRP van de Kasteele, pada 17 Januari 1831 mengutip dalam buku 'Raden Saleh dan Karyanya' karya Werner Kraus. Ia mengatakan kata 'kiai' merupakan gelar kehormatan kepada 'tuan'.

Kata 'nogo' atau 'naga' adalah simbol orang Jawa bagi seorang pemimpin. Sedangkan 'siluman' adalah orang yang punya kemampuan tinggi dan bisa menghilang.



"Karena itu, nama keris Kiai Nogo Siluman berarti raja ular penyihir, sejauh hal itu dimungkinkan untuk menerjemahkan sebuah nama yang megah," sebut Raden Saleh.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tersangka Aborsi di Klinik Raden Saleh Jakpus Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]