detikHot

art

Mickey Mouse hingga Groovy Ada di Lukisan Surealis Gilang Fradika

Jumat, 10 Jan 2020 18:14 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikhot  Mickey Mouse hingga Groovy Ada di Lukisan Surealis Gilang Fradika Foto: Tia Agnes/ detikhot Mickey Mouse hingga Groovy Ada di Lukisan Surealis Gilang Fradika
Jakarta - Lukisan 'Over the Hills & Far Away' di pameran tunggal seniman Gilang Fradika menarik perhatian. Terdiri atas tiga panel kanvas, lukisannya menampilkan pemandangan pegunungan bersalju, tapi uniknya ada Mickey Mouse sampai Groovy.

Karakter Disney itu digambarkan seniman asal Yogyakarta itu sebagai sebuah metafora. Dalam lukisan, Mickey Mouse tampak meniup terompet, Groovy sedang berlari, tapi binatang-binatang lainnya tampak sedang berkelahi.



Gilang Fradika menceritakan simbol gunung bersalju adalah salah satu pencapaian tertinggi manusia.

Mickey Mouse hingga Groovy Ada di Lukisan Surealis Gilang FradikaMickey Mouse hingga Groovy Ada di Lukisan Surealis Gilang Fradika Foto: Tia Agnes/ detikhot


"Figur-figur ini tuh ingin mencapai sesuatu yang tinggi harus berkompetisi. Hewan lagi kejar-kejaran, rebutan sesuatu," tutur Gilang ketika mengobrol dengan detikcom di RUCI Art Space, Jakarta Selatan.

Simbol-simbol dalam karakter Disney, diakui Gilang sebagai sebuah isu global. Disney digambarkan sebagai kekuatan super yang ada di AS.

"Saya mau membicarakan soal Disney sebagai visual yang tidak berat. Kita fun aja-lah. Lukisan ini dibuat sebagai sesuatu yang menyenangkan," katanya.

Bekerja sama dengan Mizuma Gallery, ada 10 karya dari kisah fantasi Gilang yang dipamerkan. Di pameran tunggal '(UN)COVER', Gilang memasukkan karakter Mickey Mouse, Pinocchio, Aladdin, Doraemon, dan lain-lain.




Simak Video "Lukisan Eksotis dari Piringan Hitam, Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com