detikHot

art

Pameran Tunggal Ugo Untoro Dibuka Malam Ini

Jumat, 20 Des 2019 16:30 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa
Jakarta - Di penghujung tahun, perupa Ugo Untoro menggelar pameran tunggal. Mengusung tema 'Rindu Lukisan Merasuk di Badan' bakal dibuka malam ini di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

Lebih dari 70 karya seniman asal Yogyakarta dipajang. Di antaranya seri sleeping buddha, seri lukisan, seri hujan, versi baru dari lukisan gaya romantik, dan sebagainya.

Dalam proses berkarya, Ugo banyak meminjam dan mempelajari gagasan 'romantisme'.



"Saya harus mencari atau menandai peristiwa itu dengan dimulai dari kata atau cara pikir romantisme, saya mencoba semampu saya untuk mengerti, memahami, apa itu arti romantisme," ujar Ugo dalam siaran pers yang diterima detikcom, Jumat (20/12/2019).

Pameran Tunggal Ugo Untoro Dibuka Malam IniFoto: Istimewa


Dikuratori oleh Hendro Wiyanto, judul pameran terinspirasi dari judul lagu karya Ismail Marzuki 'Rindu Lukisan Mata Memandang'. Lewat liriknya tersebut, menjadi salah satu jalan untuk menikmati karya-karya di pameran tunggalnya kali ini.

Pameran solo Ugo Untoro diselenggarakan berkat kerja sama Galeri Nasional Indonesia, Obah Mamah, serta Museum dan Tanaah Liat. Pembukaan pameran dibuka oleh Dirjen Kementerian Pendidikan dan Kebuayaan, Hilmar Farid serta dimeriahkan oleh musisi Jason Ranti.

Eksibisi berlangsung pada 21 Desember 2019 hingga 12 Januari 2020 di Gedung A Galeri Nasional Indonesia.




Simak Video "Wah! Ada Festival Seni di Terminal Merak-Bakaheuni"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com