detikHot

art

5 Grup Teater Terbaik di Festival Teater Jakarta 2019

Senin, 02 Des 2019 12:41 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Gigi Ibnur/DKJ Foto: Gigi Ibnur/DKJ
Jakarta - Festival Teater Jakarta tahun ini mencapai akhir. Lima grup diumumkan sebagai kategori terbaik di festival teater tertua di Indonesia tersebut.

Dalam keterangan pers yang diterima detikcom, kelima grup tersebut di antaranya adalah Teater ASA (Jakarta Barat), Teater Petra (Jakarta Pusat), Teater Ciliwung (Jakarta Selatan), Labo eL Aktor (Jakarta Selatan), dan Maura Lintas Teater (Jakarta Utara).

Sebanyak 15 grup teater yang lolos seleksi dari 5 wilayah bertanding untuk memperebutkan gelar grup terbaik. Sejak pertengahan tahun, kelompok teater di lima wilayah kota administrasi se-Jakarta kecuali Kepulauan Seribu berkompetisi.



Ke-15 grup teater yang bertanding dari wilayah Jakarta Timur ada Teater Camuss, Castramardika, dan Sanggar Teater Jerit. Dari wilayah Jakarta Utara ada amatirujan, Teater Cahaya, dan Maura Lintas Teater.

Dari wilayah Jakarta Pusat, ada Teater Petra, Teater Indonesia, dan Unlogic Theatre. Jakarta Barat oleh Teater Asa, Teater Nusantara, dan Teater Lab Teater Lumbung, serta Jakarta Selatan ada Teater Labo El Aktor, Teater Ciliwung, dan Teater Pojok.

Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Adinda Luthvianti, mengatakan setiap tahunnya grup teater yang berkompetisi semakin meningkat.

"Mereka yang kompetisi di FTJ sudah semakin meningkat karena mencari 'bentuk' baru yang eksperimental. Misalnya ada satu wilayah yang mewajibkan grupnya untuk memakai naskah teater dari 'Rawayan DKJ. Ada juga yang memakai perspektif lebih luas lagi melebihi genre realis," kata Adinda di Teater Kecil, kompleks TIM, belum lama ini.



Simak Video "Asosiasi Teater Jakarta Pusat Buka Festival Teater Jakarta 2018"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com