detikHot

art

Jeihan Sukmantoro Melahirkan Lebih dari 3.000 Karya

Jumat, 29 Nov 2019 22:28 WIB Mochamad Solehudin - detikHot
Foto: Museum MACAN/ Istimewa Foto: Museum MACAN/ Istimewa
Bandung - Jeihan Sukmantoro merupakan salah satu pelukis terbaik yang dimiliki Indonesia. Sejumlah tokoh ternama seperti Mari Elka Pangestu hingga Taufiq Kemas sempat dilukis olehnya.

Salah satu kerabat Jeihan, Muhammad Faisal Iconk menuturkan, telah ada ribuan karya yang telah dihasilkan Jeihan. Beragam karya besarnya sangat diminati para kolektor dalam dan luar negeri.

"Kurang lebih ada 3.000 lebih karyanya yang tercatat. Belum lagi yang tidak tercatat," ucapnya, saat ditemui, di Studio Jeihan, Jalan Padasuka, Kota Bandung, Jumat (29/11/2019).



Menurutnya, Jeihan adalah sosok luar biasa. Semasa hidupnya sosok yang sudah dia anggap sebagai ayah itu selalu berfikir positif. Sampai akhir hayatnya juga tidak selalu mengeluh terhadap keadaan.

"Dia tidak pernah berprasangka buruk. Dia tidak pernah menyalahkan apapun, siapapun termasuk soal penyakit yang dideritanya. Dia sering bilang mana mungkin Allah SWT main-main dengan kondisi umatnya," katanya.

Bahkan, lanjut dia, ada satu momen yang paling diingatnya. Saat sedang menjalani perawatan, almarhum berteriak kepada salah satu asistennya karena merasa sakit.

"Conk (panggilan Muhammad Faisal Iconk) teriakan saya kayak orang Papua. Makanya orang tidak perlu rasis," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, maestro seni lukis Jeihan tutup usia di usianya yang ke-81 tahun. Pelukis kenamaan Tanah Air ini meninggal dengan tenang di studio miliknya, di Jalan Padasuka, Kota Bandung, Jumat (29/11/2019) sekitar pukul 18.15 WIB.



Simak Video "Rekaman CCTV Aksi Nenek Curi Beras di Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com