detikHot

Obituari

Si Pelukis 'Mata Hitam' Itu Berpulang...

Jumat, 29 Nov 2019 21:05 WIB Tia Agnes - detikHot
Halaman 1 dari 2
Si Pelukis Mata Hitam Itu Berpulang... Foto: Tia/detikHOT
Jakarta - Dunia seni Tanah Air berduka dengan kepergian Jeihan Sukmantoro. Maestro seni lukis asal Bandung itu berpulang di usia 81 tahun.

Ia dikenal sebagai pelukis 'mata hitam'. Dalam setiap karya-karyanya, Jeihan selalu melukis sosok bermata hitam yang membuat namanya melambung sampai ke kancah internasional.

Figur bermata hitam hadir bukan tanpa sebab. Pada April 2019, detikcom berkesempatan mewawancarai Jeihan dan mengobrol mengenai figur bermata hitam yang masih dilukis sampai akhir hayatnya.



Mengenakan jas dan peci berwarna hitam, Jeihan Sukmantoro tampak bersemangat bertemu jelang pembukaan 'Jeihan: Hari-hari di Cicadas' di Museum MACAN. Salah satu lukisan bersejarah Jeihan berjudul 'Aku' dan karya itu pula yang menjadi tonggak awal Jeihan dikenal sebagai pelukis 'mata yang dihitamkan'.

Si Pelukis 'Mata Hitam' Itu Berpulang...Foto: Museum MACAN/ Istimewa


Lukisan 'Aku' dilukisnya pada 1963, saat masih berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Jeihan melukisnya saat masih kuliah dan sempat terbengkalai. Dua tahun berikutnya, ia melukis satu lukisan lagi yang berjudul 'Gadis' dan tetap bermata hitam.

Pada tahun itu, Indonesia tengah mengalami Orde Baru hingga memunculkan peristiwa G30SPKI. Secara tak sadar, Jeihan menyambungkan antara ciri khas karyanya yang bermata hitam dengan situasi Tanah Air saat itu.

"Ini kebetulan atau kesalahan. Karena di tahun 1965 saya mulai lagi buat lukisan 'mata hitam'. Nggak lama ada pidato pengambilalihan negara. Ada G30SPKI juga," tuturnya.

Gara-gara lukisan bermata hitam itu, Jeihan memulai perjalanannya. "Kalau dibilang kok bagus, yah. Dulu belum seproduktif kemudian, baru di tahun 1968 saya buka mata mau jadi apa. Ya iya saya banyak melukis lagi," kenang Jeihan.

(tia/dar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com