Mengenal Naufal Abshar yang Lukis Sampul Album Kunto Aji

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 28 Nov 2019 14:00 WIB
Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Album 'Mantra Mantra' milik Kunto Aji menyabet penghargaan di Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2019 kategori Grafis Desain Album Terbaik. Naufal Abshar adalah seniman yang melukis album tersebut. Siapa sih Naufal Abshar?

Ia dikenal sebagai seniman muda yang memiliki ciri khas seri lukisan 'HAHA' sejak tahun 2014. Dalam setiap lukisan yang diciptakan, Naufal kerap menggambar wajah obyek yang tersenyum lebar.

Di sampul album 'Mantra', lulusan LASALLE College of Arts and Goldsmith University di London itu menggambar wajah Kunto Aji sedang tertawa. Di bagian rambut ikalnya, digambarkan ada banyak hal yang dituliskan. Simbol teks-teks seperti kata 'jangan berubah', 'over thinking' sampai 'aku punya rencana' digambar oleh Naufal.



Naufal menceritakan ide sampai makna dari lukisan di sampul album 'Mantra'.

"Judul albumnya itu 'Mantra Mantra', nah kenapa gue menggambar muka Kunto Aji dan di dalamnya itu ada gambar otak. Karena itu mengadopsi dari salah satu karya gue yang 'Brain Series," ujar Naufal.

Mengenal Naufal Abshar yang Lukis Sampul Album Kunto AjiFoto: Dok. Juni Records


Seri 'Brain' kerap ditampilkan dengan aneka penggambaran yang ada dalam pikiran. Dalam hal ini, hal-hal yang ada di pikiran Kunto Aji.

"Tapi di sana bukan tentang Kunto Aji-nya tapi hiperlisiasi yang sangat kritikal tentang pemikiran-pemikirannya yang overthinking. Dan itu menggambarkan hal itu," lanjutnya.

Tak hanya tulisan 'HAHA' saja yang ada di setiap lukisannya namun juga unsur komedi. Hal tersebut diciptakan bukan untuk menertawakan diri sendiri tapi juga isu sosial yang terjadi.





Simak Video "Komentar Fiersa Besari-Kunto Aji soal Bentak-bentak Maba Ospek Unesa"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)