detikHot

art

Pak Ci yang Jatuh Cinta dengan Seni dan Dirikan Museum

Rabu, 27 Nov 2019 11:40 WIB Tia Agnes - detikHot
Ciputra Foto: Andhika Akbarayansyah/Tim Infografis Ciputra Foto: Andhika Akbarayansyah/Tim Infografis
Jakarta - Cerita jatuh bangun enterpreneur dan pendiri Ciputra Group, Dr (HC) Ir Ciputra, dalam membangun bisnis sudah banyak yang diketahui publik. Tapi tak banyak masyarakat yang tahu alasan pria yang akrab disapa Pak Ci mendirikan Ciputra Museum yang ada di kawasan Ciputra Artprenur, Jakarta.

Keinginan mendirikan museum terlintas dalam pikiran Pak Ci saat jatuh cinta pada dunia seni khususnya lukisan-lukisan Hendra Gunawan. Ketika diwawancarai detikcom pada 2018, Pak Ci masih ingat momen pertemuan pertama dengan Hendra sampai mencicil membeli lukisan sang maestro yang saat itu sudah punya nama.

"Saat mendekam di bui, tak banyak kolektor maupun teman sejawat Hendra yang berani mendekatinya. Ketika keluar dari bui, Hendra mengatakan ingin bertemu dengan saya," tutur Pak Ci ketika mengobrol dengan detik.com.




Hidup Hendra saat itu kesusahan, Pak Ci pun menyaksikan sendiri sang pelukis yang menjajakan lukisannya namun tak laku.

Pak Ci pun bertekad untuk mendirikan museum dan memajang karya-karya Hendra Gunawan. Ia mengaku sangat mengagumi bahkan mencintai karya pelukis 'Pengantin Revolusi' tersebut.

"Saya dan Hendra Gunawan punya kesamaan dari kecil. Muda dan penuh perjuangan. Karena hidup adalah perjuangan," tandasnya.

Ciputra Museum pun berdiri pada 2014. Pak Ci mengoleksi sekitar 130-an karya Hendra Gunawan. Di antaranya adalah 88 lukisan yang semuanya tersimpan rapi serta dalam perawatan di Singapura.

Pak Ci yang Jatuh Cinta dengan Seni dan Dirikan Museum



Simak Video "'Ciputra' dan 'Pak Ci' Jadi Trending Topic Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Ciputra Meninggal Dunia
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com