detikHot

art

Teater Gandrik Tetap Pentaskan 'Para Pensiunan 2049' di Surabaya Desember

Jumat, 22 Nov 2019 13:52 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Teater Gandrik/ Istimewa
Jakarta - Setelah sutradara pertunjukan 'Para Pensiunan 2049', Djaduk Ferianto, meninggal dunia, Teater Gandrik tetap menggelar pentas di Surabaya, Jawa Timur. Lakon tersebut segera digelar dua minggu pasca Djaduk meninggal.

Butet Kartaredjasa, salah satu pemain Teater Gandrik, menuturkan pentasnya tetap bakal berlangsung.

"Awal Desember, tanggal 6 dan 7 Desember. Tetap dengan lakon yang sama dan yang disutradarai Djaduk seperti kemarin-kemarin," kata Butet ditemui di Tugu Kunstkring Paleis, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019).



Di setiap kota penyelenggaraan, Teater Gandrik kerap menyelipkan berbagai guyonan sesuai konteks sosial dan politik yang terjadi di Indonesia. Sama halnya dengan rencana pertunjukan berikutnya.

"Pasti berubah, karena setting politik kan berubah. Dulu Prabowo dan Jokowi berbeda, sekarang jadi taklukkan. Dulu sutradara Djaduk masih hidup, sekarang sudah nggak ada," ujar Butet.

"Di komunitas kami, kematian jadi bercandaan. Belum tahu nanti akan jadi seperti apa, tapi lakonnya tetap sama. Tanggal 24 nanti baru mulai latihan," tegasnya.

Di lakon 'Para Pensiunan 2049', Djaduk Ferianto bertugas sebagai sutradara pertunjukan. Saat jumpa pers di perayaan 36 tahun Teater Gandrik di Ciputra Artpreneur Jakarta pada April 2019, ia menuturkan penyelenggaraan di setiap kota selalu berbeda seperti di Yogyakarta dan Jakarta beberapa waktu lalu.




Simak Video "Seniman Djaduk Ferianto Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com