detikHot

art

Karya Cat Air Butet Kartaredjasa dan Widiyatno Segera Dipajang di Jakarta

Senin, 18 Nov 2019 18:00 WIB Monica Arum - detikHot
Foto: Monica Arum/ detikcom Foto: Monica Arum/ detikcom
Jakarta - Sukses dengan pameran tunggal 'Goro-goro Keramik' pada 2017, Butet Kartaredjasa menggelar eksibisi lainnya. Kolaborasi bareng perupa Widiyatno, karya-karya cat air keduanya bakal dipajang di Galeri Tugu Kuntskring Paleis, Menteng, Jakarta Pusat, pada 21 November-21 Desember 2019.

Lebih dari 70 karya cat air Butet yang dikuratori Suwarno Wisetrotomo dipamerkan bertepatan dengan hari ulang tahun Butet yang ke-58 tahun. Pameran bersama sahabatnya pun menjadi hadiah bagi sang seniman.

"Orang tahu-nya saya pemain teater, nggak tahu saya juga anak seni rupa. Kalau pameran seperti ini, saya tuh dianggap sedang berkhianat dengan teater. Khianat matamu, basicly seni rupa," tutur Butet saat jumpa pers di kawasan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, Senin (18/11/2019).



Butet melanjutkan sejak kecil ia sudah bergelut dengan seni berbagai medium. Serta aktif bermain teater sejak remaja. "Tapi saya bikin sketsa di media massa, selain berteater saya menulis, melukis, dan Widiyatno ini konsisten sekali melukis," lanjut Butet.

Karya Cat Air Butet Kartaredjasa dan Widiyatno Segera Dipajang di Jakarta Foto: Monica Arum/ detikcom


Butet dan Wid merupakan sahabat karib sejak sama-sama bersekolah di Sekolah Seni Rupa Indonesia yang kini berubah nama menjadi Sekolah Menengah Seni Rupa di Yogyakarta. Wid aktif melukis dan buat ilustrasi serta menetap di Ibu Kota.

Butet tetap berkarya di teater dan terus berkarya di bidang seni rupa sampai sekarang. Terpisah dua kota tak membuat persahabatan keduanya renggang.



"Saya kepingin berkarya lewat visual, waktu sudah nggak ada, keahlian melukis secara karakteristik nggak punya. Wid is the best cat airnya, yuk join. Kamu visual, skenarionya saya. Yuk kita join," tutur Butet.

Lewat pameran seni bertajuk 'Lanskap Luar Dalam', keduanya berbicra perbedaan cara pandang dalam menciptakan suatu karya. Lanskap luar menghadirkan karya-karya Widiyatno dan lanskap dalam merupakan karya Butet yang memakai simbol dalam merespons yang terjadi di sekitarnya.

Pameran bakal dibuka pada Kamis (21/11/2019) di Tugu Kunstkring Paleis, kawasan Menteng, Jakarta Pusat.





Simak Video "November Ini, Butet Kartaredjasa Gelar Pameran Seni Rupa di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com