detikHot

art

Akhir Pekan ke Mana? Lihat Xu Bing hingga Main Cat di Museum MACAN Yuk

Jumat, 15 Nov 2019 14:35 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Museum MACAN/ Istimewa Foto: Museum MACAN/ Istimewa
Jakarta - Museum yang berada di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, menjadi salah satu museum Instagramable di Ibu Kota. Sudah berusia 2 tahun, apa kamu sudah mengunjungi Museum MACAN?

Akhir pekan ini jalan-jalan yuk ke Museum MACAN. Ada berbagai aktivitas seru yang bisa memanjakan mata bagi pencinta seni.

Ada apa saja di Museum MACAN? Berikut di antaranya:



1. Main-main Cat di Dalam Gua

Salah satu ruang di Museum MACAN diubah menjadi mirip gua. Anak-anak diwajibkan melepaskan sepatu atau sandal dan bisa memilih, ingin mengenakan jubah lalu bermain cat sepuasnya atau menggambar di salah satu sudut gua.

Ada dua zona di dalam gua yang bisa dipilih, zona basah dan kering. Pengunjung juga bisa menemukan pesan tersembunyi yang diselipkan oleh perupa asal Thailand, Mit Jai Inn. Dia adalah perancang ruang seni anak UOB Museum MACAN yang ke-4, setelah Entang Wiharso, Gatot Indrajati, dan Shooeshie Sulaiman.

Akhir Pekan ke Mana? Lihat Xu Bing hingga Main Cat di Museum MACAN YukFoto: Museum Macan (Agnes/detikcom)


2. Ada 660 Ribu Batang Rokok

Salah satu karya menarik Xu Bing adalah 'Honor and Splender' (2004). Karya instalasi yang berada di bagian depan museum menghadirkan simulasi karpet kulit harimau berukuran sekitar 11 meter. Uniknya karya tersebut terbuat dari 660 ribu batang rokok.

Akhir Pekan ke Mana? Lihat Xu Bing hingga Main Cat di Museum MACAN YukFoto: Tia Agnes


3. Karya Instalasi Gulungan Kertas

Book from the Sky (1987-1991) adalah karya instalasi masif yang dibentuk dari banyak gulungan kertas yang tingginya mencapai hampir tiga meter dan menjuntai dari langit- langit hingga lantai. Di dalamnya tertulis ribuan huruf rekaan Xu Bing yang terlihat seperti karakter Mandarin, namun tidak memiliki arti khusus. Xu Bing sengaja menantang sistem pengetahuan umum lewat karakter huruf-huruf buatannya ini.

Akhir Pekan ke Mana? Lihat Xu Bing hingga Main Cat di Museum MACAN YukFoto: Tia Agnes


4. Main Kaligrafi

Xu Bing menciptakan sistem bahasa yang lahir dari "perkawinan" huruf Latin dan karakter yang menyerupai kaligrafi Tiongkok. Di sini, kamu bisa main-main buat kaligrafi, loh.

Akhir Pekan ke Mana? Lihat Xu Bing hingga Main Cat di Museum MACAN YukFoto: Tia Agnes


5. Main Sama Karya Instalasi Yayoi Kusama

Di bagian depan museum, dekat toko Museum MACAN, ada karya ''Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls' ciptaan Yayoi Kusama. Kamu bisa masuk ke dalam ruangan gelap berisi cahaya polkadot terang selama 10 detik.

Akhir Pekan ke Mana? Lihat Xu Bing hingga Main Cat di Museum MACAN YukFoto: (Fitraya Ramadhanny/detikTravel)



Simak Video "Mengenal Perupa Taring Padi yang Sudah Berkarya Sejak Orde Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com