detikHot

art

Djaduk Ferianto Meninggal, 2 Kegiatan Seni PSBK Hari ini Dibatalkan

Rabu, 13 Nov 2019 13:27 WIB Bagus Kurniawan - detikHot
Foto: Djaduk Ferianto meninggal dunia (Usman Hadi/detikcom) Foto: Djaduk Ferianto meninggal dunia (Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) dan segenap keluarga besar Bagong Kussudiardja kehilangan sosok pemimpin atas wafatnya RM. Gregorius Djaduk Ferianto atau yang dikenal sebagai Djaduk Ferianto. Ia berpulang pada 13 November 2019 pukul 02.30 WIB di kediamannya di Kasihan, Bantul.

"Terkait kabar duka berpulangnya mas Djaduk Ferianto, maka seluruh kegiatan publik di PSBK dibatalkan khusus hari ini," ungkap Direktur Eksekutif PSBK, Jeanie Park dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (13/11/2019).

Kegiatan yang batal dilaksanakan diantaranya, lanjut dia, pameran Ruang Seni Rupa 'Mengeja Y'. Serta acara media preview open rehearsal: Cinematic Shadow Theater 'Dewi Sri'. "Dua acara ini yang dibatalkan," katanya.



Secara terpisah istri Djaduk, Bernadette Ratna Ika Sari atau Petra, Djaduk, mendiang bangun tidur karena mengalami kesemutan dan sesak nafas di dada, lalu sekitar sepuluh menit kemudian berpulang dengan damai di samping sang istri.

Djaduk Ferianto meninggalkan istri dan lima anak; Gusti Arirang, Ratu Hening, Gallus Presiden Dewagana, Kandida Rani Nyaribunyi, dan Rajane Tetabuhan. Mendiang akan dikebumikan di makam keluarga, di Sembungan, Kasihan, Bantul, DIY.

Putera bungsu Bagong Kussudiarja ini dikenal sebagai seorang komposer, koreografer, sutradara, produser dan fotografer. Ia menjadi pendiri sekaligus pemimpin kelompok musik Kua Etnika dan Sinten Remen.

Tumbuh dalam atmosfer kesenian dan budaya Yogyakarta, ia banyak melakukan pengembaraan kreatif di berbagai kelompok kesenian. Memantapkan diri menjadi 'pemusik yang gelisah', kegelisahannya pula turut menginisiasi acara Ngayogjazz dan Pasar Keroncong Kotagede.



Simak Video "Seniman Djaduk Ferianto Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(bgs/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com