detikHot

art

Mural Tersembunyi Banksy Dibuka Lagi, Harganya Capai Rp 17 M

Rabu, 06 Nov 2019 12:12 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Reuters/ Istimewa Foto: Reuters/ Istimewa
Jakarta - Mural Banksy yang berada di pusat kota Nothing Hill, London, dibuka lagi untuk umum. Mural tersembunyi yang berada di salah satu dinding apartemen mewah itu tadinya ditutup karena terlalu banyak didatangi oleh penggemar Banksy.

Karyanya dikenal dengan sebutan 'Graffiti Painter' atau 'The Painter'. Mural tersebut memperlihatkan gambar seorang seniman yang dianggap sebagai pelukis Spanyol, Diego Velazquez, yang sedang menuliskan kata 'Banksy' di dinding dengan tinta warna merah.

Sebenarnya mural dibuat pada 2008. Lalu ditutup juga karena renovasi properti untuk pengembangan apartemen mewah.



Dilansir dari Reuters, salah seorang pengembang, Simon Lyons, mengatakan ia membeli bangunan apartemen karena adanya Banksy.

"Salah satu alasan saya membeli bangunan karena Banksy, bangunan memberikan saya alasan utama untuk segera membelinya. Sementara saya berpikir harga karya Banksy sangat tidak masuk akal, bisa dibilang saya adalah penggemarnya," tukasnya.

Tadinya ia mau memindahkan karya Banksy namun terlalu berisiko. Ia kini hanya menutupi dengan kaca, dan kalau ada orang yang ingin membelinya, ia memasang harga.

Flat mewah di properti tersebut yang dinding bangunan ada karya Banksy bernilai sekitar Rp 17 miliar untuk satu kamar tidur.




Simak Video "Mural Brexit Karya Banksy Viral di Sosial Media"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com