detikHot

art

57 Negara Ikut Pameran Kartun Internasional di Borobudur

Sabtu, 02 Nov 2019 20:30 WIB Eko Susanto - detikHot
Halaman 1 dari 2
57 Negara Ikut Pameran Kartun Internasional di Borobudur Foto: Eko Susanto/ detikcom
Magelang - Sebanyak 57 negara mengikuti pameran kartun internasional dalam Borobudur Cartoonists Forum (BCF) 3. Pameran menampilkan sebanyak 169 karya.

Pameran yang diselenggarakan BCF 3 ini mengambil tema 'Mental Juara' di Hotel Pondok Tingal, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Peserta yang mengikuti pameran ini, sekaligus karyanya dilombakan.

Adapun 57 negara yang mengikuti pameran kartun tersebut antara lain dari Argentina, Afghanistan, Bangladesh, Brazil, Bahrain, Bosnia dan Herzegovina, China, Colombia dan Prancis. Kemudian, ada Iran, India, Italia, Rusia, Indonesia dan lainnya.

Koordinator Panitia BCF 3, Lukas Luwarso mengatakan, peserta pameran kartun internasional hasil lomba dari 57 negara. Semula karya yang dikirim sebanyak 760 kartun, kemudian dipilih 169 karya yang dipamerkan.


57 Negara Ikut Pameran Kartun Internasional di BorobudurFoto: Eko Susanto/ detikcom


"Jadi ada lebih dari 600 karya terpaksa tidak bisa kita pamerkan karena tempatnya terbatas. Kita seleksi, yang kita pamerkan karya-karya yang memang menarik," katanya usai pembukaan pameran di Hotel Pondok Tingal, Borobudur, Jawa Tengah, Sabtu (2/11/2019).

Menyinggung perihal era digitalisasi terkait dengan kartun, kata dia, ke depannya mau tidak mau kartunis harus merengkuh digitalisasi, era digitalisasi.

"Ya menjadi semacam sasaran ke depan mau tidak mau kartunis harus merengkuh digitalisasi, era digital. Harus ditinggalkan stigma cara berpikir bahwa kartun dunia cetak, itu harus kesana tidak ada pilihan lain," katanya.


(tia/tia)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com