detikHot

art

Rupa-rupa Karya Meditatif Albert Yonathan Setyawan Mejeng di Singapura

Jumat, 01 Nov 2019 17:26 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Mizuma Gallery/ Istimewa Foto: Mizuma Gallery/ Istimewa
Jakarta - Mizuma Gallery mempersembahkan pameran tunggal dari seniman Indonesia Albert Yonathan Setyawan di Singapura. Mengusung tema 'Variations on Symmetry', Albert memajang karya-karya yang meditatif dan refleksi.

Pameran tunggal seniman yang kini tinggal di Jepang itu merupakan cara bentuk refleksi dan meditasi pada hubungan antara materialistis, geometri, dan praktik seni meditasi. Pola simetri kerap hadir dalam karya-karyanya.

"Albert Setyawan yakin ada sesuatu di dalam struktur simetris yang lebih dari sekadar terlihat kaku. Dalam seni dekoratif, simetri dan pengulangan dapat menghasilkan kualitas meditatif dan religius," tulis Mizuma Gallery dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Rupa-rupa Karya Meditatif Albert Yonathan Setyawan Mejeng di SingapuraFoto: Mizuma Gallery/ Istimewa

Setyawan juga selalu terpesona oleh gagasan untuk mengulangi suatu tindakan tertentu dalam karyanya. Ketika membuatnya, ia selalu melakukan proses pengulangan.

Seperti karya di atas kertas yang menggunakan gouache (cat air yang dicampuri warna putih) yang berjudul 'Spectral Tower' dan 'Hallucinatory Archway'. Atau karya keramik terakota 'Radial Incantation' yang membentuk pola tertentu seperti kupu-kupu.

Karya-karya dari lulusan jurusan Keramik ITB itu bisa dilihat di Mizuma Gallery Singapura mulai 31 Oktober sampai 15 Desember 2019.



Simak Video "Keren! Penyandang Autisme Jadi Seniman Abstrak "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com