detikHot

art

Lukman Sardi Bangga Jadi Bagian dari 'Sang Sukrasana'

Kamis, 31 Okt 2019 22:02 WIB Pingkan Anggraini - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Nama aktor Lukman Sardi telah didapuk dalam pagelaran wayang orang di 'Sang Sukrasana'. Pagelaran ini juga menjadi momen perayaan Hari Wayang Nasional tahun ini.

Tentunya menjadi bagian dari pagelaran garapan Jaya Suprana ini merupakan hal yang membanggakan bagi Lukman. Bukan hanya itu, pagelaran yang mengusung tema budaya Indonesia ini menjadi alasan utama Lukman tak menolak tawaran untuk terlibat jauh di dalamnya.

"Pertama saya mau apresiasi Laskar Indonesia Pusaka atas kerja keras dan semangatnya yang pontang panting menghadirkan Sang Sukrasana ini. Saya bangga terlibat di sini," ujar Lukman saat jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019).

"Saya dari dulu bilang kebudayaan senjata kuat bangsa menepis apa pun. Budaya itu sebagai jati diri bangsa Indonesia agar tak minder dengan apa pun. Sehingga budaya yang kita punya itu tak membuat kita malu. Budaya Indonesia sangat kuat, ada beberapa hal yang harus diatasi bersama," lanjutnya.



Membintangi tokoh 'Sukrasana' membuat Lukman merasa tak perlu menolak tawaran. Karakter 'Sukrasana' yang menarik menjadi contoh alasan Lukman tertarik melakoninya.

"Ini jadi momen yang tepat. Buat saya nggak ada alasan saya menolak bisa tampil di sini. Karakter Sang sukrasana sangat menarik. Memang menggambarkan saat ini, bukan dalam pemerintaahan tapi dalam kehidupan juga. Di mana orang punya kemampuan dimanfaatkan tapi diacuhkan begitu saja atau bahkan didiamkam begitu saja," paparnya.

Selain itu, sebagai seorang seniman bangsa, terjun dalam pagelaran yang membanggakan menjadi salah satu jalan untuk berterimakasih terhadap Indonesia.

"Saya sebagai seniman, ini bagian saya untuk memberikan feedback ke Indonesia. Keluarga saya seniman, saya generasi ke-5 dan keluarga saya dapat semua dari Indonesia, dan saya diajarkan oleh keluarga untuk memberikan balik ke Indonesia. Budaya adalah warisan yang harus dijaga bersama," pungkas Lukman.




Simak Video "Sophia Latjuba hingga Lukman Sardi Beri Semangat Dwi Sasono"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com