detikHot

art

Teater Koma Tunggu Gebrakan Menteri Nadiem agar Anak Sekolah Nonton Teater

Rabu, 30 Okt 2019 11:47 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim kerap mendapat sorotan setelah dipercaya Jokowi menjadi menteri. Jajaran seniman termasuk Teater Koma pun berharap banyak terhadap Menteri Nadiem.

Produser sekaligus pemimpin produksi Teater Koma, Ratna Riantiarno, menuturkan harapannya pada Menteri Nadiem untuk persoalan seni budaya.

"Saya ingin Mendikbud yang baru mewajibkan anak sekolah satu kali saja nonton teater, live performance, dan bandingkan dengan nonton lewat YouTube," tutur Ratna saat ditemui di jumpa pers 'J.J Sampah-sampah Kota' di Sanggar Teater Koma, kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.



Ia juga berharap agar ada mata pelajaran teater bagi siswa dan siswi.

"Kalau tidak pernah mengalami sangat sulit tahu bagaimana teater itu. Memang apresiasi masyarakat terhadap seni teater itu masih kurang," lanjut Ratna.

"Bandingkan dengan nonton film di bioskop, mereka menonton apa yang sudah ditentukan, mereka melihat apa yang sudah di konsep. Tapi kalau di panggung, mereka akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa," tuturnya lagi.

Gegara situasi politik dan Jakarta yang tak menentukan selama beberapa waktu, Teater Koma juga merasakan imbasnya. Biasanya H-7 pementasan, tiket yang terjual mencapai 75 % tapi ini masih 40 %.



"Orang-orang sepertinya masih menunggu. Mungkin karena banyaknya perbaikan jalan, orang sampai nanya, enaknya naik transportasi apa supaya enak. Tapi sesuai pidato saya, harapan itu tetap ada," pungkasnya.

Teater Koma kembali mementaskan lakon 'J.J Sampah-sampah Kota' dengan arahan Rangga Riantiarno usai 40 tahun berlalu. Produksi ke-159 digelar pada 8-17 November 2019 di Graha Bhakti Budaya, kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat.




Simak Video "Manfaatkan Teknologi, Cara 'Teater Koma' Tetap Eksis"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com