detikHot

art

Rasakan Sensasinya! Lihat Karya Seni Pakai VR di Jakarta

Senin, 28 Okt 2019 14:48 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Karya seniman asal Inggris, Shezad Dawood, mungkin terasa seperti main games. Lewat karya instalasi 'Kalimpong', peneliti yang tinggal di London melakukan riset tentang kota kecil di Bengal Barat bernama Kalimpong.

Lokasi tersebut diyakini sebagai jembatan antara masa lalu dan masa kini yang ditampilkan dalam realitas virtual. "Seniman mengolah dari hasil riset menjadi imajinasi dia ke dalam bentuk virtual reality," tutur salah satu kurator pameran 'Five Passages to the Future', Nin Djani, saat diwawancarai detikcom di Gedung B Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.



Peneliti utama di bidang experimental media di Universitas Westminster itu juga melakukan refleksi sejauh mana perbedaan antara dunia nyata dan imajinasi. Dia pun memasukkan unsur sejarah dan fiksi.

"Ada cerita narasi soal Kalimpong yang diceritakan lewat 3 tampilan, eksplorasi VR di hotel lalu kuil Buddha dan pegunungan Himalaya yang kabarnya dapat bertemu dengan yetti," tutur Nin Djani.

Kota Kalimpong adalah tempat pengelana dan ahli esoterik Prancis Alexandra David-Neel pertama kali bertemu dengan Dalai Lama pada 1912. Kalimpong juga dideskripsikan sebagai 'sarang mata-mata' karena banyaknya penguasa yang bersaing untuk sumber daya dan pengaruh di Asia Tengah.

Rasakan sensasi main-main VCR sambil bereksplorasi ke kota Kalimpong! Pameran ini dapat dikunjungi mulai 21 Oktober - 7 November 2019 di Galeri Nasional Indonesia.




Simak Video "Jelajahi 'Jejak Karya Pramoedya Ananta Toer' Lewat Pameran Seni"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com