detikHot

art

Menarik! Perupa Thailand Mit Jai Inn Riset soal Kerajaan Sriwijaya

Sabtu, 26 Okt 2019 14:03 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Museum MACAN/ Istimewa Foto: Museum MACAN/ Istimewa
Jakarta - Perupa asal Thailand Mit Jai Inn tengah memajang karya instalasi 'Warna Dalam Gua' di ruang seni anak Museum MACAN. Di tengah kesibukan dengan karya perdana di Jakarta, pria kelahiran 1960 itu juga menceritakan mengenai project berikutnya.

"Saya sangat tertarik dengan Kerajaan Sriwijaya," ungkapnya membuka pembicaraan dengan detikcom di Museum MACAN, kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kerajaan Sriwijaya pernah berdiri di Pulau Sumatra dan memberi pengaruh di Nusantara. Menurut penuturan Mit, Kerajaan Sriwijaya membentang dari Kamboja, Thailand Selatan, Semenanjung Malaya, Sumatera sampai ke Jawa.

"Saya menemukan fakta ada keterkaitan peninggalan Sriwjaya di Borobudur, lalu Pagoda di Thailand, dan mungkin di jejak peninggalan lainnya," ungkap Mit.




Rasa penasaran mengenai Sriwijaya itu membuat Mit melakukan riset mendalam. Meski baru tahap awal, ia ingin lebih mendalami berbagai hal soal Sriwijaya setelah karya instalasi 'Warna Dalam Gua' di ruang seni anak UOB Museum MACAN sukses dibuka.

"Ini sangat panjang perjalanannya, saya tahu ketika memulai riset ini. Sebelumnya sudah ada seniman Singapura yang memulai riset soal Kerajaan Sriwijaya tapi saya rasa kita harus memulai lebih ke belakang lagi, di masa kejayaan Sriwijaya," tutur Mit.

Mit menambahkan kalau riset Sriwijaya sudah selesai, ia berpikir akan membuat karya seni dalam bentuk apapun. "Saya masih tahap awal. Riset masih akan sangat panjang, saya belum tahu bagaimana bentuk karyanya ke depan," ucapnya tersenyum.




Simak Video "Mengenal Perupa Taring Padi yang Sudah Berkarya Sejak Orde Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com