detikHot

art

Menyelami Gua Warna-warni di Museum MACAN

Jumat, 25 Okt 2019 15:02 WIB Tia Agnes - detikHot
Halaman 1 dari 2
Foto: Museum Macan (Agnes/detikcom)
Jakarta -

Apa yang dirasakan ketika mendengar nama 'gua'? Tempat yang gelap dan menyeramkan sekaligus rumah bagi binatang buas? Di Museum MACAN, ada gua yang menyenangkan dan mengajak anak-anak untuk bermain sepuasnya.

Salah satu ruang di Museum MACAN diubah menjadi mirip gua. Anak-anak diwajibkan melepaskan sepatu atau sandal dan bisa memilih, ingin mengenakan jubah lalu bermain cat sepuasnya atau menggambar di salah satu sudut gua.

Menyelami Gua Warna-warni di Museum MACANFoto: Museum Macan (Agnes/detikcom)



Ada dua zona di dalam gua yang bisa dipilih, zona basah dan kering. Pengunjung juga bisa menemukan pesan tersembunyi yang diselipkan oleh perupa asal Thailand, Mit Jai Inn. Dia adalah perancang ruang seni anak UOB Museum MACAN yang ke-4, setelah Entang Wiharso, Gatot Indrajati, dan Shooeshie Sulaiman.

Mit Jai Inn yang lahir 1960 di Chiang Mai, Thailand, menampilkan karya instalasi berjudul 'Warna dalam Gua' atau 'Color in Cave'. Karya yang dibuat khusus untuk anak-anak ini hadir pertama kalinya di Indonesia.


"Konsep gua ini mengajak kita masuk dan mengeksplorasi ide ruang yang berbeda dari dunia luar. Kita bisa melukis di dinding dan berekspresi. Gua ini mengajak kita untuk merasakan pengalaman yang berbeda," tutur Direktur Museum MACAN, Aaron Seeto, saat jumpa pers, Jumat (25/10/2019).

(tia/doc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com