detikHot

art

Museum Louvre Gelar Pameran Sambut Usia 500 Tahun Leonardo da Vinci

Kamis, 24 Okt 2019 13:52 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: HTC Vive Arts/ BBC Foto: HTC Vive Arts/ BBC
Jakarta - Butuh waktu 10 tahun lamanya untuk menyiapkan pameran besar Leonardo da Vinci yang digelar di Museum Louvre, Prancis. Tahun ini menjadi peringatan 500 tahun kematian sang maestro Leonardo da Vinci.

Museum Louvre Paris atau juga yang dikenal sebagai rumah bagi 'Mona Lisa' menampilkan lebih dari 160 lukisan dan gambar era Renaissance. Beberapa di antaranya dipinjam dari Ratu Elizabeth II serta Bill dan Melinda Gates.

Kurator pameran, Vincent Delieuvin, menuturkan pameran ini menggambarkan hubungan antara sains dan seni.



"Kami berharap dapat menunjukkan siapa Leonardo da Vinci sebagai seorang seniman, dan mengapa sosoknya begitu penting. Dia menggunakan metode kerja yang sangat khusus dan orisinal berdasarkan ilmu pengetahuan," tuturnya dilansir dari BBC, Kamis (24/10/2019).

Dalam pameran, ada pengalaman realitas virtual yang hadir untuk mengungkap detail dari lukisan da Vinci. Termasuk studi tangan Leonardo dan kepala Leda atau ibu mitologis Helen dari Troy.

"Ratu Elizabeth sangat murah hati karena mengirimkan 24 buah koleksi lukisannya dan itu adalah koleksi yang penting," kata Delieuvin.

Lahir di Tuscany pada tahun 1452, Leonardo da Vinci adalah seorang pelukis, pematung, arsitek, dan ahli matematika Renaissance. Sebelum kematiannya pada Mei 1519, ia menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di Prancis sebagai tamu raja, Francis I.




Simak Video "Lukisan Termahal di Dunia Milik Pangeran Arab Saudi Hilang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com