detikHot

art

Ada Sketsa Patung 'Pembebasan Irian Barat' di Museum Seni Rupa dan Keramik

Rabu, 16 Okt 2019 16:48 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Jakarta - Museum Seni Rupa dan Keramik punya 500 koleksi bersejarah. Salah satunya adalah sketsa-skesta perupa Henk Ngantung yang dipamerkan di pameran 'Lini Narasi Baru' yang dibuka nanti malam.

Kurator pameran, Sally Texania, mengatakan sketsa Henk Ngantung sebenarnya ada lebih dari 50 karya. Namun yang dipamerkan dalam 'Lini Narasi Baru' sekitar 20 sketsa.

"Salah satunya adalah sketsa patung di Lapangan Banteng atau patung 'Pembebasan Irian Barat'. Saat itu geliat nasionalisme lagi giat-giatnya dan Soekarno gemar membuat landmark kota Jakarta," tutur Sally di Museum Seni Rupa dan Keramik, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Rabu (16/10/2019).




Skesta bersejarah itu pun ditanda tangani dengan nama Soekarno. Henk Ngantung yang juga menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 1964 hingga 1965 juga dikenal dekat dengan Bung Karno.

Ada Sketsa Patung 'Pembebasan Irian Barat' di Museum Seni Rupa dan Keramik Foto: Tia Agnes
Proklamator Indonesia itu juga kerap mengajak Henk Ngantung plesiran maupun membuat sketsa dalam agenda penting negara. "Ada juga sketsa Linggardjati yang memang penting dan cuma Henk Ngantung yang buat sketsanya," tambah Maya Sujatmiko dari Yayasan Mitra Museum Jakarta.

Penasaran melihatnya? Pameran dibuka untuk umum mulai tanggal 17 Oktober 2019 hingga 31 Januari 2020 (Selasa - Minggu pukul 08.00 WIB - 17.00 WIB, museum tutup pada hari senin) di Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta.


Simak Video "Jelajahi 'Jejak Karya Pramoedya Ananta Toer' Lewat Pameran Seni"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com