detikHot

art

Sosok Amalia Hernandez, Legenda Balet dari Meksiko

Selasa, 08 Okt 2019 11:41 WIB Virgina Maulita Putri - detikHot
Sosok Amalia Hernandez, Legenda Balet dari Meksiko Foto: Nationaal Archief Sosok Amalia Hernandez, Legenda Balet dari Meksiko Foto: Nationaal Archief
Jakarta - Amalia Hernandez adalah seorang legenda balet dan koreografer dari Meksiko. Ia merupakan pendiri kelompok tari Ballet Folklorico de Mexico.

Sebagai pendiri dari Ballet Folklorico de Mexico, Hernandez merupakan sosok yang berperan dalam mengembangkan tarian baile folklorico. Tarian ini mengkombinasikan tarian tradisional Meksiko dengan karakteristik balet.



Bersama kelompok tarinya, Hernandez berhasil memperkenalkan baile folklorico ke seluruh dunia. Berikut adalah biografi dan profil Amalia Hernandez yang dirangkum detikHot:

1. Berasal dari Keluarga Berada

Amalia Hernandez Navarro lahir di Mexico City, Meksiko pada 19 September 1917. Ia merupakan putri dari pasangan Lamberto Hernandez dan Amalia Navarro.

Amalia mengaku ia besar di tengah keluarga berada. Ayahnya adalah seorang pebisnis yang memiliki hubungan dengan dunia politik dan militer, sedangkan ibunya merupakan sosok yang mengenalkan Amalia dengan dunia seni.

Amalia juga memiliki saudara laki-laki bernama Agustin Hernandez Navarro yang berprofesi sebagai arsitek. Saudaranya inilah yang nantinya merancang gedung Ballet Folklorico de Mexico.

2. Menari Sejak Usia Dini

Hernandez mulai menari sejak usia dini dan memulai kariernya sebagai penari balet klasik. Sejak usia 8 tahun, Hernandez tahu bahwa ia ingin menjadi penari profesional.

Saat berusia 17 tahun, Hernandez semakin serius mengembangkan bakat tarinya dan bergabung dengan National School of Dance. Tapi karena konflik dengan pemimpin sekolah, Hernandez memutuskan keluar dan menikah, karier menarinya pun terhenti sementara.

3. Mendirikan Ballet Folklorico

Merasa tidak puas dengan tariannya serta merasa tidak mampu memahami tarian modern dan Eropa, Hernandez akhirnya beralih ke budaya leluhurnya. Sejak saat itu ia pun mulai terlibat dengan gerakan baile folklorico.

Pada tahun 1952, Hernandes mendirikan Ballet Folklorico de Mexico. Saat itu kelompok tarinya masih sangat kecil, hanya berisikan 8 anggota.

Pada tahun 1954, kelompok besutan Hernandes mendapat kesempatan untuk tampil di acara televisi setiap minggunya. Hernandez akhirnya mencicipi sukses dan kelompoknya berkembang menjadi 20 anggota.

Kelompok besutan Hernandez kemudian mendapat perhatian dari Kementerian Kebudayaan Meksiko. Mereka mendapat dukungan dari pemerintah untuk tur keliling Amerika Utara sebagai perwakilan budaya Meksiko.

Pada tahun 1959, kelompoknya berkembang menjadi 60 anggota. Selama kariernya, Hernandez pun berhasil menciptakan 70 koreografi.



4. Meninggal di Usia 83 Tahun

Amalia Hernandez meninggal dunia pada 5 November 2000 di Mexico City. Ia wafat di usia 83 tahun. Walau Hernandez kini telah tiada, Ballet Folklorico de Mexico terus tampil dan mempromosikan kebudayaan Meksiko ke seluruh dunia.

5. Diabadikan dengan Google Doodle

Pada 19 September 2017, Google menciptakan Doodle khusus untuk merayakan pencapaian Amalia Hernandez. Google Doodle ini juga hadir bertepatan dengan perayaan ulang tahun Hernandez yang ke-100.


Simak Video " Augie Fantinus Ikut Antre Nonton Konser 'Marcel Tujuh Belas' "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/erd)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com