detikHot

art

Mejeng di Jakarta, Ratusan Sketsa Ini Harus Dilihat Pakai Kaca Pembesar

Jumat, 20 Sep 2019 14:25 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Ada-ada saja karya sketsa yang digambar oleh seniman asal Semarang, Harry Suryo. Sketsa yang berada di atas kertas dilukisnya berukuran kecil sekali. Untuk melihatnya saja membutuhkan kaca pembesar. Unik?

Ratusan sketsa mini itu bisa dilihat di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat. Ia membuat berbagai titik lokasi atau tempat yang ada di kampung halamannya di Semarang.

Sembari berkelakar, Harry menuturkan karyanya memang menawarkan hal yang tak lazim. "Ini menyulitkan bikinnya tapi bisa dinikmati siapapun. Ini kesempatan buat saya untuk menawarkan karya yang tak lazim, tak biasa," ungkap Harry ketika diwawancarai detikcom, belum lama ini.



Selama membuatnya, Harry menuturkan selalu ada saja tantangan tersendiri. Untuk membuatnya, terkadang ia membutuhkan kaca pembesar.

"Bagi saya tidak mudah melakukannya karena saya menggunakan alat khusus, kuas khusus. Gambarnya pun harus dijaga agar tetap kecil sampai akhir karya selesai.

"Dua tahun mulai belajar bikin gambar sketch kecil sampai sekarang, dan Alhamdulillah karyanya bisa diterima masyarakat," tandasnya. Karya Harry Suryo bersama puluhan seniman lainnya masih bisa dilihat di Festival Sketsa Indonesia, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.




Simak Video "Keren! Penyandang Autisme Jadi Seniman Abstrak "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com