detikHot

art

Pekan Seni Media 2019 Gaet 23 Karya Perupa Indonesia

Jumat, 20 Sep 2019 13:17 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pameran Pekan Seni Media 2019 bakal dibuka di Taman Budaya Kalimantan Timur. Sebanyak 23 karya perupa bakal memamerkan karya-karyanya pada 21-26 September mendatang yang menjadi rangkaian dari Pekan Kebudayaan Nasional.

Dikuratori oleh A Sudjud Dartanto dan Jeong Ok Jeon, para seniman menampilkan berbagai karya mulai dari fotografi, video eksperimental, instalasi kinetik, bunyi, cahaya, sampai karya instalasi yang mengajak berinteraksi. Tahun ini, Pekan Seni Media mengusung tema 'Sinkronik'.

Menurut kurator pameran, A Sudjud Dartanto, perkembangan media dan teknologi telah melahirkan budaya baru. "Kita pun semakin tergantung pada media dan gawai dalam kehidupan sehari-hari. Di pameran ini, kami mengambil peluang wacana, apa yang bisa dilakukan sains dan teknologi melalui praktik seni media baru," katanya dalam siaran pers yang diterima detikcom, Jumat (20/9/2019).



Seniman yang berpartisipasi di antaranya Ariel Muhammad Zeian, Aridentity, Eldwin Pradipta, Erwin Windu Pranata, FJ Kunting, Jodipaket, Marten Bayuaji, Natasha Tontey, Rokateater, dan SARANA.

"Pekan Seni Media menjadi kesempatan untuk mengangkat budaya Kalimantan dan skena kesenian Samarinda ke audiens baru," ujar Senna Sanubari yang tergabung dalam kolektif JODIPAKET.

Senna bersama seniman asal Samarinda lainnya Annisa Maharani dan Sabrina Felisiana dari kolektif SARANA juga membantu dalam proses Pekan Seni Media. Selama satu minggu, Pekan Seni Media tak hanya diisi oleh pameran seni tapi juga seminar dan lokakarya.




Simak Video "Jelajahi 'Jejak Karya Pramoedya Ananta Toer' Lewat Pameran Seni"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com