detikHot

art

Oscar Motuloh Terima Anugerah Empu Ageng dari ISI Yogyakarta

Rabu, 18 Sep 2019 15:10 WIB Usman Hadi - detikHot
Halaman 1 dari 2
Oscar Motuloh Terima Anugerah Empu Ageng dari ISI Yogyakarta Foto: Usman Hadi/ detikcom
Bantul - Pimpinan dan Kurator Kepala Galeri Foto Jurnalistik Antara, Oscar Motuloh, menerima anugerah Empu Ageng dalam bidang fotografi jurnalistik dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Empu Ageng adalah gelar kehormatan setara dengan doktor honoris causa (HC).

Proses penganugerahan Empu Ageng kepada Oscar Motuloh dilangsungkan dalam sidang senat terbuka di Concert Hall ISI Yogyakarta, Jalan Parangtritis Km 6,5 Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Oscar menerima gelar kehormatan Empu Ageng setelah menyampaikan pidato ilmiah berjudul 'Sirkus Jurnalistik dari Penyusup Berita Sampai Hanya Satu Kata: Lawan!'. Dalam paparannya, ia bercerita mengenai pengalamannya menekuni foto jurnalistik.



Mulanya Oscar bercerita mengenai sejarah jurnalisme dan keberadaan fotografi termasuk sejarahnya di Indonesia. Setelahnya Oscar bercerita mengenai awal mula kariernya dalam bidang jurnalistik yang disebutnya sebagai sebuah 'kebetulan' semata.

"Saya berada dalam kancah jurnalisme secara kebetulan. Dalam suatu iklan lowongan kerja di Harian Kompas pada suatu sore, kala kongkow dengan kawan-kawan main," cerita Oscar dalam pidato ilmiahnya di Kampus ISI Yogyakarta, Rabu (18/9/2019).

Oscar memutuskan melamar lowongan pekerjaan tersebut. Dalam perjalanannya, Oscar baru sadar bahwa Kantor Berita Antara lah yang memasang iklan di Harian Kompas. Setelah melalui proses penjaringan yang ketat, akhirnya Oscar dinyatakan diterima.

(ush/tia)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com