detikHot

art

Pelukis Buddha Bergambar Ultraman Minta Maaf pada Biksu di Thailand

Jumat, 13 Sep 2019 17:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sekelompok masyarakat garis keras umat Buddha di Thailand melaporkan seniman yang melukis gambar Buddha menjadi sosok Ultraman. Ada 4 lukisan yang dipajang di pusat perbelanjaan di timur laut Thailand dan mendapat kecaman.

Namun empat orang seniman yang masih berstatus mahasiswa/i itu sudah meminta maaf pada para biksu. Mereka sudah meminta maaf kepada kepala biksu dan gubernur provinsi.

Meski sudah minta maaf, kelompok umat Buddha menginginkan mereka dihukum sesuai aturan yang berlaku yang kemungkinan dibui hingga 7 tahun. "Lukisan itu memalukan, menyinggung umat Buddha, dan merusak harta nasional," kata wakil umat Buddha, Charoon Wonnakasinanone dilansir dari Reuters.



Kontroversi yang terjadi bermula dari pameran seni yang berlangsung di pusat perbelanjaan serta lelang lukisan untuk amal. Lukisannya dijual senilai Rp 275 juta.

Pembeli lukisan Pakorn Porncheewangkul menuturkan ia tidak melihat sesuatu yang memalukan tentang lukisan yang menggambarkan Buddha sebagai Ultraman.

"Buddhisme itu heroik. Jadi agama Buddha dalam lukisan akan membantu meringankan penderitaan fisik orang lain," pungkasnya.


Pelukis Buddha Bergambar Ultraman Minta Maaf pada Biksu di Thailand

(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com