detikHot

art

Wildan Indra Sugara Juara Kompetisi Karya Trimatra Salihara 2019

Senin, 09 Sep 2019 18:30 WIB Tia Agnes - detikHot
Halaman 1 dari 2
Wildan Indra Sugara Juara Kompetisi Karya Trimatra Salihara 2019 Foto: Witjak Widhi Cahya/ Komunitas Salihara
Jakarta - Komunitas Salihara kembali menggelar Kompetisi Karya Trimatra Salihara tahun ini. Seniman asal Bandung Wildan Indra Sugara menjuarai kompetisi yang digelar sejak tahun 2013 silam.

Di edisi ketiga yang mengusung tema 'Speed/Laju', karya seni Wildan dinilai mengungguli karya-karya lainnya. "Secara khusus, kami menyoroti penggunaan media baru dalam karya para finalis. Penggunaan media baru menunjukkan keluasan wawasan dalam mengikuti perkembangan global di praktik seni rupa masa kini," kata salah satu tim dewan juri, Heri Pemad, saat pembacaan pengumuman akhir pekan lalu.


Wildan Indra Sugara Juara Kompetisi Karya Trimatra Salihara 2019Foto: Witjak Widhi Cahya/ Komunitas Salihara


Wildan Indra Sugara menempati posisi pertama kompetisi lewat karya seni instalasi 'Nothing Here'. Ia menggugah rasa ingin tahu, menguji kesabaran, mengusik rasa ingin tahu dan bermain dengan penuh humor apa yang menjadi 'pusat' dari budaya visual yaitu televisi.

Juara kedua dimenangkan oleh Andrita Yuniza lewat karya 'Mooi Indie 21st Century'. Instalasi media baru yang 'menangkap' air dari sungai Citarum dan Citarik di kawasan Bandung ini menarik perhatian tim dewan juri. (tia/nu2)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com