detikHot

art

ART_UNLTD, Ruang Pamer Bagi 50 Seniman Muda di Art Jakarta 2019

Sabtu, 31 Agu 2019 16:54 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memberikan ruang khusus bagi seniman pendatang baru di Art Jakarta 2019. Bernama ART_UNLTD, tahun kedua penyelenggaraan program tersebut bertujuan menggandeng 50 seniman pendatang baru agar turut memamerkan karya.

"Kami ingin memberi ruang pada emerging artist supaya ada di platform sebesar ini. Di sini kolektor besar, museum besar, direktur art event besar juga terekspos," ujar Wakil Bekraf, Ricky Pesik, ditemui di JCC, Jakarta Pusat.



Ke-50 seniman yang berpameran berasal dari Jakarta, Bandung, Karawang, Yogyakarta, Semarang, Samarinda, Riau hingga Bali. "Kami memvariasikan agar ada seniman established juga di area ART_UNLTD ini," ucap kurator eksekutif, Bob Edrian.

Ada kolektif Hysteria, Mohammad Heikal, Michael Binuko, Irfan Adianto, Mahesa Almeida, Krack Studio, Gilang Mustofa, Fluxcup hingga Julian Abraham (Togar).



"Perkembangan teknologi informasi buat spektrum berkarya para seniman lebih beragam. Mulai dari drawing, cetak saring, sculpture, keramik, bahkan ada sound juga. Medium karyanya sekarang lebih melebar," lanjut Bob.

Nantinya setiap karya yang ditampilkan di area Bekraf ini lebih ragam dan bakal ada sistem rotasi. Ricky Pesik menambahkan lanskap seni rupa di Indonesia sedang meningkat.

"Dilihat sebagai pasar, kolektor Indonesia ada banyak dan karya seniman Indonesia di pasar internasional juga sangat terkenal. Saya kira Jakarta bisa menjadi pusat seni rupa," pungkasnya.


Simak Video "ART Jakarta 2019 Digelar, Kemendikbud Berharap Ada Market yang Terbangun"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com