detikHot

art

Seluk Beluk Studio 28 Seniman di Buku 'Inside Studios'

Jumat, 30 Agu 2019 20:58 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Jakarta - Buku visual dan fotografi 'Inside Studios' resmi diluncurkan di ajang Art Jakarta 2019. Ditulis selama 5 tahun, bukunya mengungkap seluk beluk studio milik 28 seniman Tanah Air.

"Proses perjalanannya panjang dan menyenangkan. Melihat apa yang ada di belakang buku ini adalah menjelajahi para seniman Indonesia agar lebih dikenal ke internasional," ujar penulis buku Alexandra Corradini saat peluncuran buku di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2019).

Buku 'Inside Studios' ditulis oleh Alexandra Corradini, Indra Leonardi, Hermawan Tanzil, dan Amalia Wirjono. Selama 5 tahun, mereka menyambangi 28 studio seniman yang ada di Indonesia dan mendiskusikan mengenai seluk beluk yang ada di studio tersebut.




Para seniman yang ditulis di buku 'Inside Studios' di antaranya ada AD Pirous, Ade Darmawan, Aditya Novali, Agung Kurniawan, Agus Suwage, Angki Purbandono, Arin Sunaryo, Christine Ay Tjoe, Dolorosa Sinaga, Eddi Prabandono, Eko Nugroho, Entang Wiharso, FX Harsono, Hanafi, Handiwirman Saputra, I Nyoman Masriadi, Mella Jaarsma hingga Ugo Untoro.

"Kita ngobrol dengan para seniman, saya nulis 7 pertanyaan dan mereka menjawab dengan cara mereka. Kadang ada yang jawab sebulan, ada yang jawab setahun. Jawaban-jawabannya sangat menarik, sangat passionate," kata Alexandra.

Buku 'Inside Studios' memuat ciri-ciri khas komunikasi melalui gambar dan menegaskan kepribadian setiap seniman. Studio seniman jadi ruang yang unik dan ekspresif dan pengalaman studio ke-28 seniman dibagikan kepada para pencinta seni Ibu Kota hari ini.




Simak Video "ART Jakarta 2019 Digelar, Kemendikbud Berharap Ada Market yang Terbangun"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com