detikHot

art

Retrospektif 4 Dekade Xu Bing Hadir di Museum MACAN

Kamis, 29 Agu 2019 14:58 WIB Tia Agnes - detikHot
Halaman 1 dari 2
Retrospektif 4 Dekade Xu Bing Hadir di Museum MACAN
Jakarta - Sukses dengan pameran seni 'Dunia dalam Berita', Museum MACAN kembali menggelar eksibisi yang bakal dibuka nanti malam. Pameran retrospektif karya perupa Xu Bing menghadirkan 60 karya yang dibuat selama 40 tahun.

Mengusung tema 'Xu Bing: Thought and Method', pameran seni Xu Bing merupakan terbesar dan pertama di Asia Tenggara serta perdana di Ibu Kota. Direktur Museum MACAN, Aaron Seeto, menuturkan Xu Bing adalah perupa global yang praktik keseniannya juga lintas negara.

"Saya senang dan bangga membawa karya Xu Bing ke Indonesia. Ketika saya berpikir tentang seni kontemporer di komunitas global, Xu Bing adalah salah satu seniman yang terpikir di pikiranku," ujarnya saat jumpa pers di Museum MACAN, Jakarta Barat, Kamis (29/8/2019).




Sebagai seorang seniman, lanjut Aaron, Xu Bing bekerja dengan budaya China dan mengenalkannya pada dunia. "Untuk berpikir tentang konsep di balik segala perspektif. Dia adalah salah satu orangnya," lanjutnya.

Xu Bing lahir di Chongqing dan menjadi salah satu pemuda yang turun ke daerah pedesaan di masa Revolusi Kebudayaan Tiongkok (1970-an). Pengalaman ini memengaruhi cara berpikir Xu Bing yang melihat bahasa dipakai sebagai salah satu alat politik.

Retrospektif 4 Dekade Xu Bing Hadir di Museum MACANFoto: Tia Agnes
Pada awal 1990-an, ia pindah ke New York, AS dan kepindahan itu membentuk fondasi perjalanannya sebagai perupa. Sepanjang berkarier sebagai perupa selama 40 tahun, Xu Bing menjelajahi berbagai hal. Ada persoalan bahasa, budaya, sistem pengetahuan tradisional, sosial sampai problem teknologi.

"Ketika seniman berpikir tentang dunia dan masalahnya, akan ada banyak hal yang dilakukan. Di mana ada permasalahan, di sana ada seni," ucap Xu Bing yang hadir khusus dalam pameran tunggalnya di Museum MACAN Jakarta.


(tia/dar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com