detikHot

art

100 Lukisan Mahakarya Pelukis Lu Tianning Mejeng di Jakarta

Senin, 26 Agu 2019 11:45 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Yun Artified Community Art Center Foto: Yun Artified Community Art Center
Jakarta - Mendengar nama Lu Tianning, pastinya teringat akan lukisan-lukisan tradisional China yang membuat namanya dikenal dunia. Kini masyarakat Ibu Kota bisa melihat lukisan mahakarya Lu Tianning di Yun Artified Community Art Center, Jakarta Utara, mulai akhir pekan ini.

Lu Tianning dikenal sebagai pelukis yang berhasil mengembangkan seni tradisional ke ranah internasional. Lukisan-lukisannya pernah dipamerkan di Amerika Serikat, Swedia, Australia, Jepang, dan India.

Lewat pameran tunggal Lu Tianning 'Reflection of Chinese Yun Exhibition', ada 100 mahakarya ciptaannya yang bakal dipamerkan. Sebagian besar adalah karya besar.

Misalnya saja lukisan 'Auspicious Plateau' (2019). "masterpiece ini berbagai kecenderungan pada seni lukis Tiongkok tampil bersamaan. Di sini hukum perspektif menjadi relatif, dan, batas-batas realistis dan surealis hilang," ujar kurator pameran, Jim Supangkat, dalam siaran pers yang diterima.


100 Lukisan Mahakarya Pelukis Lu Tianning Mejeng di Jakarta100 Lukisan Mahakarya Pelukis Lu Tianning Mejeng di Jakarta Foto: Yun Artified Community Art Center


Dia menuturkan pandangan karya-karya Lu Tianning menyimbolkan sensibilitas pada spirit yang berkaitan dengan religiusitas. Sepanjang karier Lu Tianning, ia kerap melukis Istana Potala di kota Lhasa yang sering disebut 'Istana di atas Awan'.

Istana yang berada di puncak gunung dan berusia 1.300 tahun itu memang memiliki pesona tersendiri. Lu Tianning pun terinspirasi untuk menciptakan karya dari bangunan ikonik tersebut.

"Kata-katanya yang mengisahkan pengalamannya menghadapi pegunungan Potala pada siang dan malam hari menegaskan kaitan lukisan-lukisan Lu Tianning dengan seni lukis Tiongkok tradisional," kata Jim.

Ratusan lukisan Lu Tianning dapat dilihat mulai 31 Agustus hingga 30 September 2019 di Yun Arified Community Art Center.




Simak Video "Jelajahi 'Jejak Karya Pramoedya Ananta Toer' Lewat Pameran Seni"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com