detikHot

art

Seniman Bandung Irfan Hendrian Boyong Karya ke Sydney

Jumat, 16 Agu 2019 14:14 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Karya-karya seniman asal Bandung Irfan Hendrian menyapa publik Sydney, Australia. Lewat pameran tunggal 'Some Other Matter', eksibisi berlangsung hingga 13 Oktober mendatang.

Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu memboyong berbagai karya yang berasal dari bahan industri tradisional seperti kertas.

"Pameran tunggal 'Some Other Matter' menyelidiki dampak mendalam dan konsekuensi dari kemajuan teknologi terhadap hubungan antara manusia dan kertas," tulis keterangan Sullivan+Strumpf, Jumat (16/8/2019).

Menurut Irfan Hendrian, material atau bahan-bahan membentuk sejarah dan alam yang ada sampai memberikan cara untuk menghasilkan sesuatu. "Sehingga secara langsung mempengaruhi segala sesuatu dalam hidup kita," kata Irfan.



Interaksi berbagai material tradisional tersebut setiap hari, lanjut Irfan, dapat menghasilkan berbagai karya seni. "Melalui metode penggunaan tertentu atau penerapannya, maka akan menghasilkan ingatan, makna, dan nilai-nilai," lanjutnya.

Bekerja dengan material utama kertas, Irfan melakukan metode dan pendekatan Bauhaus. Yakni mengurangi dan menyederhanakan segala sesuatu menjadi bentuk yang esensial dan substansial.

Ia juga melakukan pendekatan dengan teknik memahat. Alih-alih menciptakan gambar, Irfan percaya dengan menyusun susunan visual obyek maka nilai estetika suatu barang akan muncul.

Pameran Irfan sebelumnya menyambangi Korea Selatan di tahun 2016, Yogyakarta, Malaysia, dan berbagai eksibisi lainnya.




Simak Video "Keren! Penyandang Autisme Jadi Seniman Abstrak "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed