detikHot

art

Slamet Rahardjo: Arswendo Atmowiloto Adalah Wartawan yang Luar Biasa

Jumat, 19 Jul 2019 22:47 WIB Hanif Hawari - detikHot
Arswendo Atmowiloto Foto: CNN Indonesia Arswendo Atmowiloto Foto: CNN Indonesia
Jakarta - Slamet Rahardjo cukup lama mengenal Arswendo Atmowiloto. Ia menilai, sahabatnya itu adalah sosok wartawan yang luar biasa.

"Siapa yang nggak kenal Wendo, dia yang mulutnya ceplas ceplos itu," kata Slamet Rahardjo saat ditemui di rumah duka di Kompleks Kompas, Petukangan Selatan, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).

Meskipun begitu, Slamet Rahardjo mengatakan ucapan yang sering dilontarkan oleh Arswendo Atmowiloto bukan asal ucap. Kata-kata Arswendo berasal dari riset dan memiliki kedekatan emosional.

"Cuma di balik mulutnya itu jadi ada kedekatan emosional. Itu bukan sembarang dia punya riset untuk ngucap gitu," sambung pria 70 tahun itu.




Jasa-jasa Arswendo Atmowiloto begitu melekat di hati masyarakat. Diketahui, wartawan sekaligus budayawan itu banyak mengutarakan pendapat cerdas di berbagai media soal politik dan budaya.

Meskipun dirinya sudah tiada, pemikiran dan idenya akan terus dikenang.

"Arswendo itu tak bisa dipisahkan dengan jasanya. Jadi beliau pergi meninggalkan jasa, kepada wartawan. Jurnalis itu bebas ya. Dalam keadaan seperti ini aku mau bicara yang baik-baik saja," Slamet Rahardjo menandaskan.

Arswendo Atmowiloto meninggal dunia pada usia 70 tahun. Ia berpulang setelah setahun berjuang sakit kanker kandung kemih atau prostat yang diidapnya.
(hnh/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed