detikHot

art

Tak Biasa! Karya Seni Barat yang Terpengaruh Islam Dipajang di Inggris

Rabu, 17 Jul 2019 14:37 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Museum Inggris akan memajang karya-karya seni Barat yang terpengaruh oleh Islam Oktober mendatang. Untuk pertama kalinya, eksibisi 'Inspired by the East, How the Islamic World Influenced Western Art', dibuka pada 10 Oktober 2019 hingga 26 Januari 2020.

Pameran besar yang menampilkan karya-karya seni orientalisme itu berkembang pada abad ke-19 dan ke-20. Karya-karya tersebut mengaburkan batas antara fantasi dan kenyataan serta pandangan stereotip tentang Timur.

"Orientalisme adalah elemen penting dalam dunia seni rupa dan sebanding dengan isme lainnya seperti surealisme dan impresionisme," ujar kurator pameran Olivia Threlkeld, dilanisr berbagai sumber, Rabu (17/7/2019).



Ada lukisan abad ke-16 dari para sultan Ottoman, karya penting pelukis orientalis abad ke-19 seperti Eugène Delacroix, John Frederick Lewis, dan Frederick Arthur Bridgman. Serta karya fotografi, teater, perhiasan, musik, pakaian hingga keramik.

Ilustrasi seniman Inggris Edmund Dulac untuk edisi 'Arabian Nights' pun bakal dipajang.

"Ini adalah kesempatan langka di Inggris untuk melihat karya seni penting dari museum terbesar di Asia Tenggara yang didedikasikan untuk seni Islam. Serta melihat dampak orientalisme di sejarah seni dan warisannya hari ini," pungkasnya.


Simak Video "Simsalabim! Onderdil Bekas Ini Disulap Jadi Kerajinan Ciamik"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com