detikHot

art

September, Indonesia Dance Company Persembahkan 'Untukmu Indonesiaku'

Selasa, 09 Jul 2019 14:17 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Indonesia Dance Company (Tia Agnes Astuti/detikHOT) Foto: Indonesia Dance Company (Tia Agnes Astuti/detikHOT)
Jakarta - Indonesia Dance Company atau IDCO kembali menggelar pertunjukan tahun ini. September mendatang, IDCO mempersembahkan pentas berjudul 'Untukmu Indonesiaku' pasa 27-29 September 2019 di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ).

Gelaran 'Untukmu Indonesiaku' menampilkan 7 tarian berbalut musik dan koreografi. Ada tarian balet klasik, kontemporer hingga tradisional, di antaranya adalah tarian Malin Kundang asal Sumatera Barat dan tari Kalimantan khas suku Dayak.

"Di tahun ini kami lebih mau mengedepankan sentuhan Indonesia dengan tarian daerah khas Indonesia. Tarian itu nggak cuma balet, tapi ada juga klasik, kontemporer sampai ke jazz," ujar Direktur Artistik sekaligus pendiri IDCO, Claresta Alim saat jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya (GIK), Selasa (9/7/2019).

Menurut Claresta, kesenian tari yang ada di Indonesia juga tak kalah hebat dengan milik luar negeri. "Namun sayangnya generasi muda belum bisa menghargai malah tahu-tahunya lagu dari luar negeri, makanya kami kemas budaya Indonesia di tarian ini," lanjutnya.


Berdiri sejak 2016 lalu, IDCO sukses mementaskan pagelaran tari 'We Dance'. Setahun berikutnya, IDCO menggelar 'Danceventure' dan 'Its..... Showtime' merupakan pertunjukan terbarunya pada 2018 lalu.

Setiap tahunnya di bulan September sebagai tradisi IDCO, mereka menyelenggarakan pementasan untuk unjuk gigi pada publik. "Sesuai visi kita, IDCO mau membawa nama Indonesia lebih besar lagi di dunia balet," katanya.

Nantinya tak hanya tarian balet klasik saja yang dihadirkan tapi juga kontemporer. "Ada sekitar 7 sampai 10 tarian. Dari cerita soal 'Malin Kundang', tarian suku Dayak khas Kalimantan, tari kontemporer yang dimix dengan daerah. Ada baletnya juga yang digabungkan ke kontemporer," tambah Ballet Mistress, Jonatha Pranadjaja.




Simak Video "Merasa Punya Bukti Akurat, Nikita Mirzani Santai Jadi Tersangka KDRT"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed