detikHot

art

Pernah Viral, Instalasi 'Sayap Bambu' Nus Salomo Manjakan Pengunjung

Senin, 20 Mei 2019 19:41 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Instalasi Sayap Bambu (Tia Agnes) Foto: Instalasi Sayap Bambu (Tia Agnes)
Jakarta - Bagi Anda yang sering menyambangi Galeri Nasional Indonesia, pastinya ingat dengan karya instalasi 'sayap bambu' ciptaan Nus Salomo. Karya yang menjadi incaran selfie di tahun 2014 kini menyapa kembali para pencinta seni.

Lewat pameran tunggal yang berjudul 'Wings Things', lulusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) itu memajang berbagai karya yang terinspirasi oleh sayap. Termasuk karya berjudul 'Come Fly with Me'.

"Saya ingat sekali waktu itu saya dan Pak Asikin Hasan membuat triennale patung dan memamerkan karya sayap bambu Nus Salomo. Karyanya banyak dipakai buat selfie dan diingat orang sampai sekarang. Sangat ikonik," ujar kurator pameran Rizki A. Zaelani saat diwawancarai di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia, Senin (20/5/2019).


Meski dipajang 4 tahun yang lalu, banyak pengunjung yang menanyakan keberadaan karya instalasi tersebut sampai sekarang. "Masih banyak kok yang cari, karena itu kami mencoba membawa lagi ke Galeri Nasional Indonesia," kata Rizki.

Bagi seniman Nus Salomo, sayap adalah satu pengalaman yang bermakna. Sayap dijadikan 'bahasa' yang menyimbolkan keadaan manusia kini. Sayap pula yang menimbulkan imajinasi dan hadir dalam berbagai karya-karyanya.

"Seniman Nus Salomo tertarik pada berbagai teknik dan medium. Di pameran ini ada pendekatan seni, desain, dan kriya khususnya medium bambu. Nus juga beberapa kali membuat karya bambu yang besar, termasuk gurita besar yang ada di Komunitas Salihara," ujar Rizki.


Di pameran tunggalnya kali ini, ada 25 karya yang hadir memanjakan mata para pencinta seni. Bagi kamu yang ingin eksis selfie, beberapa karya Nus Salomo menyediakan ruang untuk narsis.

Pameran tunggal Nus Salomo berlangsung mulai malam ini hingga 14 Juni 2019 di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia.


(tia/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com