detikHot

art

Mahakarya Unik Seni Barok Dipamerkan di Inggris, Seperti Apa Karyanya?

Selasa, 14 Mei 2019 11:45 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Seni barok menjadi salah satu gaya yang mendominasi perkembangan seni rupa di abad ke-17. Mahakarya seni barok untuk pertama kalinya pun bakal dipajang di Galeri Nasional Inggris.

Salah satu mahakarya seni barok adalah lukisan 'Self Potrait' Artemisia Gentileschi sebagai Santo Catherine dari Alexandria. Lukisannya diprediksi dibuat sekitar tahun 1615-1717 silam.

Gaya lukisan seni barok kerap berada di kastil maupun gereja-gereja tua di belahan negara Eropa dan Inggris. Gayanya kerap melebih-lebihkan gambar hingga menimbulkan drama maupun ketegangan.



Tur pertama mahakarya seni barok bakal menyambangi Sekolah Menengah Katolik Hati Kudus di Newscastle, Inggris. Lalu berlanjut ke Perpustakaan Wanita Glasgow sampai ke kota Yorkshire.

Artemisia Gentileschi adalah pelukis perempuan yang paling terkenal di abad ke-17 serta dianggap seniman yang paling unggul di antara pengikut Caravaggio.

"Untuk pertama kalinya Galeri Nasional Inggris membawa mahakarya seni barok ke lokasi-lokasi yang tak terduga yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum," ujar Direktur Galeri Nasional, Gabriele Finaldi, dilansir dari Guardian, Selasa (14/5/2019).

Salah satu pemberhentian dari tur mahakarya seni barok adalah di E17 Art Trail, London bagian timur. Pada 2020 mendatang, lukisannya bakal dipajang di Galeri Nasional bersama 35 lukisan seni barok lainnya.


(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed