detikHot

art

Happy Goku Day! Fans Dragon Ball Rayakan Hari Jadi Goku 9 Mei

Kamis, 09 Mei 2019 16:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Kenal dengan karakter asal Jepang bernama Goku? Bagi para penggemar anime dan manga, nama San Goku pastinya familiar terdengar.

Setiap tanggal 9 Mei, para penggemar Goku merayakan hari jadinya dengan sebutan 'Hari Goku' atau 'Goku Day'. Karakter Goku ada dalam manga 'Dragon Ball' karya komikus Akira Toriyama.

Manganya pun terbit dari tahun 1984 hingga 1995 silam dan booming terkenal ke seluruh dunia. Adaptasi versi anime yang tayang di Indonesia di dekade 1990-an pun tak kalah melenda.



'Dragon Ball' menceritakan tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup sendirian di atas gedung. Ia bertemu dengan seorang gadis Bulma yang sedang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib.

Jika ke-7 bola ajaib itu tercapai, maka orang yang berhasil mengabulkan segala keinginannya bisa tercapai. Bola-bola itu yang disebut dengan 'Dragon Ball'.

Sejarah mengenai 'Hari Goku' bermula dari 5 tahun lalu saat Japan Anniversary Asosiatiton meresmikannya. Angka 5 dalam bahasa Jepang disebut dengan 'go' dan angka 9 sebagai 'ku'.



(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com