detikHot

art

Bernuansa Arsitektur, Mural Seniman Prancis Katre Eksis di Gedung Jakarta

Jumat, 03 Mei 2019 11:40 WIB Tia Agnes - detikHot
Bernuansa Arsitektur, Mural Seniman Prancis Katre Eksis di Gedung Jakarta Foto: IFI Jakarta/ Istimewa Bernuansa Arsitektur, Mural Seniman Prancis Katre Eksis di Gedung Jakarta Foto: IFI Jakarta/ Istimewa
Jakarta - Jika melihat mural setinggi 30 meter yang ada di gedung Duta Merlin Harmoni, ada satu karya yang sudah jadi. Bernuansa warna kuning dan hitam, mural ciptaan seniman Prancis Katre eksis mejeng di gedung Ibu Kota.

Muralnya menggambarkan nuansa arsitektur kota. Seniman yang bernama lengkap Antonin Givern mengaku sejak kecil memang mencintai dunia komik, fotografi, dan menggambar.

Tiga hal itu yang mempengaruhi Katre dalam berkarya. "Saya menyukai grafiti dan mencoba mengubah apa yang saya lakukan ke dalam karya," ujarnya saat mengobrol di Yello Hotel Harmoni, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019).



Gambar arsitektur yang dilukisnya di dinding Duta Merlin Harmoni diakui memang terinspirasi dari gambar kota.

"Arsitektur sangat bagus. Dinding di sana juga bagus, mengombinasikan energi dari gedung yang sudah agak tua dengan seni urban," katanya.

Di awal dekade 1990 ia menemukan kecintaan pada grafiti dan seni urban. Sepanjang 1998 hingga 2005, Katre bergabung dalam asosiasi 'Steus' dan aktivitas utamanya adalah melukis dinding dan lokakarya animasi grafiti.

Katre telah berkolaborasi dengan seniman mancanegara dan berpartisipasi dalam berbagai festival street art di Tiongkok, Australia, Spanyol, dan Italia.




(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed