DetikHot

art

Keren! Seniman Indonesia-Prancis Bikin Mural di Duta Merlin Harmoni

Kamis, 02 Mei 2019 18:09 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Keren! Seniman Indonesia-Prancis Bikin Mural di Duta Merlin Harmoni Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Seniman Indonesia dan Prancis kolaborasi bareng membuat mural di gedung Duta Merlin Harmoni, Jakarta Pusat. Gedung tua yang menjadi salah satu kompleks perbelanjaan di Jalan Gajah Mada dipilih dengan berbagai alasan tersendiri.

"Jalanan di depan Duta Merlin Harmoni adalah salah satu jalan tersibuk di Jakarta dan kemacetan jalannya terjadi setiap saat," ujar kurator Off the Wall Jakarta, Claire Thibaud-Piton saat jumpa pers di Yello Hotel Harmoni Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Dia menuturkan keempat seniman jalanan yang diundang tahun ini adalah pelaku seni yang kerap mencari dinding. Ke-4 seniman tersebut adalah Katre dan L'Atlas asal Prancis serta Darbotz dan Stereoflow dari Jakarta.

"Mereka mencari dinding. Oh saya punya dinding besar nih untuk kamu, sangat besar dan karena ini kerjasama dengan Yello Hotel dan gedung punya Agung Sedayu Group akhirnya diputuskan memakai gedung Duta Merlin," lanjut Claire.



Baginya dinding skala besar tersebut adalah tembok yang 'cantik'. Meski ia mengakui ada kesulitan tersendiri, salah satunya banyak kabel di depan dinding.

Di lokasi itu, lanjut Claire, banyak masyarakat yang melihat langsung. Ada pula pemotor yang datang ke Duta Merlin memarkirkan kendaraannya dan hilir mudik melihat proses pengerjaan mural yang berlangsung sejak dua hari lalu.

"Saya memikirkan Off the Wall Jakarta tahun ini sejak dua tahun lalu untuk mewujudkannya sampai ini terjadi. Dua tahun untuk membuat proyek ini berhasil," lanjutnya.

Seniman asal Prancis Jules Dedet aka L'Atlas senang bisa menggambar mural di dinding yang besar di Ibu Kota. "Lebih besar lebih baik, lebih besar temboknya lebih bagus dan banyak tantangannya," timbalnya.

Mural 4 seniman Indonesia dan Prancis bakal diresmikan pada Sabtu (4/5) mendatang.


(tia/nkn)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed