detikHot

art

Yuk, ke Museum MACAN! Lihat Karya 10 Perupa Kontemporer di 'Dunia dalam Berita'

Senin, 29 Apr 2019 16:04 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Jakarta - Bagi para pencinta seni Tanah Air Museum MACAN kembali mempersembahkan pameran seni terbaru 'Dunia dalam Berita' yang dibuka untuk umum pada 1 Mei. Sepuluh perupa kontemporer memajang karya yang dibuat di masa menjelang dan setelah Reformasi 1998 silam.

Judul pameran yang diambil dari tajuk program televisi TVRI begitu melekat dalam ingatan masyarakat di dekade 1990-an. Judul itu pula yang diambil pihak Museum MACAN untuk menjadi tema pameran.




Di dekade 1990-an, situasi sosial dan politik Indonesia sedang mengalami perubahan. Periode tersebut juga dianggap penting bagi perkembangan seni kontemporer Tanah Air.

"Kami ingin memberitahu kepada masyarakat bagaimana periode ini sangat penting bagi dunia seni rupa Indonesia," tutur Direktur Museum MACAN, Aaron Seeto, saat jumpa pers di Museum MACAN, kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (29/4/2019).

Pameran ini, lanjut Aaron Seeto, membicarakan bagaimana cara media berbicara soal reformasi, demokrasi, percakapan soal feminisme, dan lain-lain. "Perkembangan situasi sosial saat itu yang mempengaruhi kinerja dan bagaimana seniman berkarya," lanjutnya.

Yuk, ke Museum MACAN! Lihat Karya 10 Perupa Kontemporer di 'Dunia dalam Berita'Foto: Tia Agnes
Karya-karya yang ditampilkan dalam 'Dunia dalam Berita' berpusat pada dua peristiwa penting. Yakni dampak transisi dari era Orde Baru ke Reformasi yang terlihat di karya perupa dekade 1990-an hingga 2000-an. Serta pengaruh kultur pop global akibat dari demokratis media dan visual.

"Periode ini adalah era penting seni rupa Indonesia sampai munculnya karakter visual, yang memunculkan akses kebudayaan global," tambah kurator pameran, Asep Topan.

'Dunia dalam Berita' menghadirkan 10 perupa, di antaranya adalah Agus Suwage, FX Harsono, Heri Dono, I GAK Murniasih, I Nyoman Masriadi, Krisna Murti, Mella Jaarsma, S. Teddy D, Taring Padi (didirikan pada 1998), dan Tisna Sanjaya.

Yuk, ke Museum MACAN! Lihat Karya 10 Perupa Kontemporer di 'Dunia dalam Berita'Foto: Tia Agnes
Pameran seni 'Dunia dalam Berita' berlangsung pada 1 Mei-21 Juli 2019. Selain itu, di bagian depan ada eksibisi pameran 'Matter and Place', ruangan 'Infinity Mirrored Room-Brilliance of the Souls' Yayoi Kusama, dan 'Main Getah' di ruang seni anak.

Di lantai atas ada pameran tunggal Jeihan Sukmantoro 'Hari-hari di Cicadas'. Yuk, jalan-jalan ke Museum MACAN Jakarta!


Tonton juga: 10 Perupa Indonesia Hadir dengan Karya dari Masa Orde Baru ke Reformasi

[Gambas:Video 20detik]


(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com