DetikHot

art

Ada Humor Jenaka Sosial Politik di Lakon 'Para Pensiunan 2049'

Jumat, 26 Apr 2019 16:40 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ada Humor Jenaka Sosial Politik di Lakon Para Pensiunan 2049 Foto: Teater Gandrik/ Istimewa
Jakarta - Teater Gandrik mempersembahkan lakon terbaru yang berjudul 'Para Pensiunan 2049'. Kelompok teater asal Yogyakarta tampil sesuai dengan khas humor nan jenaka yang menyentil kondisi sosial politik yang terjadi di luar panggung.

Pertunjukan berdurasi sekitar 2,5 jam itu menceritakan 30 tahun setelah 2019 saat kasus korupsi makin merajalela. Sejak awal adegan sudah ada sentilan khas Teater Gandrik.

Salah satunya ketika salah satu pemain menceritakan, "30 tahun yang lalu, sebelum Pilpres ada Joko Subianto dan Prabowo Widodo. Dua-duanya menang ya, yang satu 54 persen, satunya lagi 42 persen."



Ada juga ungkapan singkatan Badan Pemakaman Nasional atau BPN. Atau dialog mengenai 'masa lalu jangan diungkit', 'nonton drama presiden-presidenan', atau 'enak zamanku toh, serba murah, nyawa saja sampai murah'.

Pimpinan produksi pertunjukan 'Para Pensiunan 2049', Butet Kartaredjasa, menuturkan memang ada perubahan naskah sesuai peristiwa yang sedang hangat belakangan.

"Ada peristiwa yang juga mengubah naskah. Dari satu penciptaan khas Teater Gandrik yang diasah untuk lebih tangkas, sensitif, dan rajin memperkaya dengan improvisasi," tutur Butet ketika jumpa pers belum lama ini.



Namun Butet menuturkan segala peristiwa yang terjadi di luar panggung sekarang semakin sulit.

"Sumber inspirasi peristiwa ternyata lebih lucu dari Gandrik. Gandrik seperti kehilangan kepercayaan diri, kalah lucu. Jadi ya main arwah-arwahan saja," katanya sembari tertawa.
(tia/nkn)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed