detikHot

art

Berusia 800 Tahun, Bagaimana Nasib Jendela Mawar dalam Kebakaran Notre-Dame?

Kamis, 18 Apr 2019 13:06 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Christophe Petit Tesson/Pool via REUTERS Foto: Christophe Petit Tesson/Pool via REUTERS
Jakarta - Lukisan berusia 400 tahun yang menggantung tinggi di dalam Notre-Dame dirusak oleh api besar yang melanda katedral tua tersebut. Bagaimana dengan nasib jendela mawar khas Notre-Dame yang merupakan karya seni tak ternilai?

Karya seni yang usianya sama seperti katedral Notre-Dame yang tahun ini menginjak 800 tahun untungnya terselamatkan. Seorang ahli seni Prancis langsung mendatangi lokasi, usai api berhasil dipadamkan.



Ia meneliti sejauh mana kerusakan South Rose di bagian jendela yang berasal dari abad ke-13. Kaca patri tersebut berukuran 10 meter, bersama kaca patri lainnya masih berdiri setelah atap balok kayu katedral runtuh.

"Kami telah menghindari bencana total. Tapi 5 sampai 10 % dari karya seni itu mungkin telah hancur," ujar spesialis seni, Maxime Cumunel yang juga Sekretaris Jenderal Observatory for Religious Heritage Prancis.

Empat dari lukisan abad ke-17 dan abad ke-18 yang menggambarkan pemandangan kehidupan para rasul pun rusak. Saat ini karya seni yang akan dipulihkan bakal dipindah ke Museum Louvre.

(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed