DetikHot

art

Karya Seniman Entang Wiharso 'Chronicles Fence' Mejeng di China

Selasa, 09 Apr 2019 10:28 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Karya Seniman Entang Wiharso Chronicles Fence Mejeng di China Karya Seniman Entang Wiharso 'Chronicles Fence' Mejeng di China Foto: Can's Gallery/ Istimewa
Jakarta - Seniman Entang Wiharso tengah memajang karya seni 'Chronicles Fence' di Wuzhen, China. Karya yang berpartisipasi di pameran seni kontemporer Wuzhen 2019 dibuka sejak 31 Maret lalu.

Pameran Seni Kontemporer Wuzhen digelar yang kedua kalinya di provinsi Zhejiang, bagian timur China. Kawasan ini juga dikenal sebagai kota air.

Karya seniman lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta itu menggunakan simbol yang biasanya ada dalam karya-karyanya. Entang kerap membahas tentang seni dan kebijakan, sifat posesif, cinta, anarkisme dalam agama, dan isu-isu lainnya.



"Di Indonesia pagar biasanya digunakan sebagai simbol untuk mencegah orang masuk tapi juga merujuk pada fungsi luar. Pagar juga bisa menjaga privasi dan digunakan sebagai perlindungan," tulis Cans Gallery dalam keterangan pers yang diterima, Selasa (9/4/2019).

Entang membawa simbol 'pagar' dalam banyak konteks masyarakat. Namun bagi Entang 'pagar' dianggap sebagai perbatasan.

"Simbol pagar juga tanggapan saya terhadap aktivitas radikal penghancuran, penyensoran, dan larangan pameran seni atau pertunjukan yang dilakukan oleh gerakan kelompok radikal tertentu," kata Entang.

Di pameran seni kontemporer Wuzhen, Entang memajang karyanya bersama 45 seniman dari 21 negara lainnya. Karya-karya para seniman berada di area ruang publik, pabrik sutra, area lumbung, dan desa-desa.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed