detikHot

art

Lukisan Termahal di Dunia Milik Pangeran Saudi Dipastikan Hilang!

Selasa, 02 Apr 2019 13:26 WIB Tia Agnes - detikHot
Lukisan Termahal di Dunia Milik Pangeran Saudi Dipastikan Hilang! Foto: Getty Images Lukisan Termahal di Dunia Milik Pangeran Saudi Dipastikan Hilang! Foto: Getty Images
Jakarta - Rumor misterius mengenai keberadaan lukisan termahal di dunia yang berjudul 'Salvator Mundi' dipastikan menghilang. Lukisan karya Leonardo da Vinci itu dijual di balai lelang Christie's New York senilai Rp 6 triliun.

Harga jual tersebut menjadikannya lukisan termahal di dunia. Penawar anonim yang membelinya diketahui adalah Pangeran Saudi Mohammed bin Salman.

Sebulan setelah lelang, Departemen Kebudayaan Abu Dhabi mengumumkan akan memajangnya di Museum Louvre. Namun hingga jadwal pembukaan pada September 2018 tak ada kabar kepastian.



Dilansir dari New York Times, keberadaan lukisan sampai sekarang tidak diketahui. Seorang profesor di Institut Seni Rupa Universitas New York Dianne Modestini yang juga konservator lukisan tersebut mengungkapkan itu adalah kejadian yang memilukan.

"Itu tragis," ujarnya.

"Menghilangkan lukisan yang membuat pecinta seni dan banyak orang lain tergerak oleh lukisannya," kata Modestini.

Departemen Kebudayaan Abu Dhabi pun yang tadinya menggembar-gemborkan pemberitaan menolak pertanyaan mengenai keberadaan lukisan tersebut. Museum Louvre Paris yang melisensikan namanya ke Museum Louvre Abu Dhabi pun menolak menanggapi kasus tersebut.

"Setelah dibeli, jejaknya benar-benar 'dingin' dan tidak diketahui," tambah Modestini.



Lukisan 'Salvator Mundi' dibeli saat pelelangan pada November 2017 oleh Pangeran Bader bin Abdullah bin Farhan Al Saud, yang diyakini telah bertindak sebagai wakil untuk Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman. Dia diangkat sebagai Menteri Kebudayaan Saudi yang baru pada 2018.



Tonton juga: Lukisan Termahal di Dunia Milik Pangeran Arab Saudi Hilang

[Gambas:Video 20detik]


(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com