DetikHot

art

Forum Aktor Yogyakarta Bakal Buka Helateater Salihara 2019

Jumat, 22 Mar 2019 11:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Forum Aktor Yogyakarta Bakal Buka Helateater Salihara 2019 Forum Aktor Yogyakarta Bakal Buka Helateater Salihara 2019 Foto: Dok.Komunitas Salihara
Jakarta - Helateater Salihara 2019 kembali diselenggarakan akhir pekan ini. Forum Aktor Yogyakarta bakal membuka festival teater dua tahunan bergengsi di Jakarta.

Mereka akan membawakan lakon 'Di Punggungmu Kusandarkan Waktu, yang Tak Pernah Bicara Kita'. Lakonnya mengisahkan peristiwa 20 tahun yang lalu ketika Kencana dan Koentjoro dipertemukan oleh sebuah keadaan dan kisah intim.

Ketika mereka kembali bertemu tapi berasal dari dua orang di kubu politik yang berseberangan.



"Forum Aktor Yogyakarta menafsirkan situasi Indonesia saat ini ke dalam pentas drama bernuansa komedi," tulis keterangan Komunitas Salihara seperti dikutip detikHOT.

Lakonnya diadaptasi dari naskah 'A Sunny Morning' karya Serafin dan Joaquin Alvarez Quintero yang diterjemahkan Sapardi Djoko Damono menjadi 'Pagi Bening'. Forum Aktor Yogyakarta yang berdiri pada 2011 itu mengubahnya menjadi cerita antar dua tokoh dari masa lalu yang tak selesai dan bertemu kembali dengan pilihan karier politik.

Pertunjukan 'Di punggungmu Kusandarkan Waktu, yang Tak Pernah Bicara Kita' berlangsung pada 23-24 Maret 2019 di Teater Salihara, Jakarta Selatan.

Forum Aktor Yogyakarta yang beranggotakan pegiat seni dan teater dari berbagai kalangan ini pernah menjadi pelaksana Indonesia Dramatic Reading Festival 2016 & 2017 di IFI/LIP Yogyakarta. Sebelumnya mereka mementaskan lakon 'Inang' (2018) di Tona Art Festival, Samosir, dan 'Nishkala' (2018) di Festival Kesenian Yogyakarta.
(tia/nkn)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed