DetikHot

art

Lukisan Telanjang 'Mona Lisa' Karya Leonardo da Vinci Dipajang Akhir 2019

Senin, 11 Mar 2019 12:05 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Telanjang Mona Lisa Karya Leonardo da Vinci Dipajang Akhir 2019 Lukisan Telanjang 'Mona Lisa' Karya Leonardo da Vinci Dipajang Akhir 2019 Foto: Getty Images
Jakarta - Lukisan telanjang 'Mona Lisa' atau dikenal dengan sebutan 'Monna Vanna' diyakini dilukis oleh Leonardo da Vinci. Kabarnya lukisan tersebut bakal dipajang dalam pameran khusus di Chantilly bagian utara Prancis akhir tahun ini.

Tahun 2019 merupakan momen bersejarah bagi Leonardo da Vinci yang memperingati peringatan 500 kematian Da Vinci. Nantinya bakal ada pameran khusus untuk merayakan karier da Vinci.

"Museum Louvre sangat berhati-hati meneliti lukisan yang ada kaitannya dengan Leonardo da Vinci," ujar seorang kurator pameran Museum Louvre, Mathieu Deldicque dilansir dari berbagai sumber, Senin (11/3/2019).



Lukisan 'Salvator Mundi' yang juga mengagetkan dunia dengan penemuan karya terbaru Leonardo da Vinci. Berbagai kontroversi dari lukisan termahal di dunia itu sukses mencapai rekor Rp 6,5 triliun dan dibeli oleh Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Lukisan Telanjang 'Mona Lisa' Karya Leonardo da Vinci Dipajang Akhir 2019Lukisan Telanjang 'Mona Lisa' Karya Leonardo da Vinci Dipajang Akhir 2019 Foto: Istimewa


Para ahli seni meneliti lukisan tersebut selama beberapa bulan. Mulai dari pemeriksaan mikroskopis dari kiri atas ke kanan bawah sampai bukti-bukti lainnya.

Sepanjang sejarah da Vinci dikenal sebagai pelukis kidal dan meninggal di Prancis pada 1519 silam. Pakar konservasi Museum Louvre Paris Bruno Mottin sebelumnya juga mengkonfirmasi lukisannya memang dilukis semasa dia hidup.

Dari hasil penelitian juga terungkap, sang pelukis menggunakan teknik 'sfumato' yang dicintai da Vinci. Namun, ia tetap mengatakan para ahli harus tetap berhati-hati.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed