detikHot

art

Sejarah Lukisan 'Mona Lisa' Telanjang Karya Leonardo da Vinci

Rabu, 06 Mar 2019 18:47 WIB Tia Agnes - detikHot
Sejarah Lukisan Mona Lisa Telanjang Karya Leonardo da Vinci Foto: Getty Images Sejarah Lukisan 'Mona Lisa' Telanjang Karya Leonardo da Vinci Foto: Getty Images
Jakarta - Leonardo da Vinci kerap diidentikkan dengan lukisan 'Mona Lisa' hingga yang teranyar lukisan Yesus Kristus yang terjual senilai Rp 6 triliun. Lukisan tersebut sempat diperdebatkan pencinta seni dunia saat menjadi lukisan termahal di dunia.

Kini sebuah lukisan kembali diperbincangkan karena kemungkinan dilukis oleh seniman dari era Renaisans tersebut. Lukisan berjudul 'Monna Vanna' juga disebut sebagai 'Mona Lisa' versi telanjang.

Karya tersebut diketahui dilukis sekitar tahun 1503. Kehadiran lukisan tersebut telah lama menjadi bahan spekulasi.



Ketika diakuisisi oleh putra Raja Louis-Phillippe yang bernama Duc d'Aumale di tahun 1862, lukisannya sudah dikaitkan dengan nama da Vinci. Selama ini seniman yang melukisnya masih menjadi misteri.

Sejarah Lukisan 'Mona Lisa' Telanjang Karya Leonardo da VinciSejarah Lukisan 'Mona Lisa' Telanjang Karya Leonardo da Vinci Foto: Istimewa


Selama ini lukisannya pun diketahui menjadi koleksi Conde Museum di Oise, 40 km sebelah utara Paris. Kabarnya 'Monna Vanna' juga pernah menjadi koleksi dari salah satu keluarga bangsawan tertua di Prancis.

Dari penelitian terbaru, lukisan yang menggunakan material arang ditemukan tanda kidal yang cukup banyak. "Tanda arang dari seorang pelukis kidal cukup banyak di beberapa bagian lukisan," ujar seorang kurator Musée Condé, Mathieu Deldicque, dilansir dari berbagai sumber.

Leonardo da Vinci memang kidal. Namun sejumlah peneliti juga menuturkan lukisannya ada yang dilukis oleh seniman yang memakai tangan kanan.

"Kami yakin Leonardo da Vinci berpartisipasi melukisnya, bukan untuk semua gambar tapi beberapa bagian dari lukisan," tukasnya.

Akhir tahun ini lukisan 'Monna Vanna' bakal dipamerkan di Paris untuk memperingati 500 tahun lahirnya Leonardo da Vinci.



(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com